BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Manfaat Jamsostek

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Manfaat Jamsostek
BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Manfaat Jamsostek (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Aceh Timur - Badan Penyelenggaraan Jaminas Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Langsa melakukan sosialisasi sekaligus mengedukasi manfaat program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) secara masif kepada tenaga honorer di RSUD Sultan Abdul Azis Syah Peureulak, Aceh Timur, Selasa (31/10).

"Sosialisasi ini dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman pekerja dan pemberi kerja tentang manfaat lima program Jamsostek, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)," jelas Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Langsa, Muhammad Kurniawan.

Dikatakan, sosialisasi ini dilakukan agar peserta paham akan perlindungan terhadap risiko dalam bekerja. "Ini membuktikan negara menjamin setiap pekerja terlindungi dari risiko kerja dan merasa aman dan tenang. Sehingga, bisa lebih produktif sesuai dengan yang diharapkan," katanya.

Dengan sosialisasi manfaat program, sambung Kurniawan, diharapkan kepada pemberi kerja/perusahaan untuk dapat memastikan para pekerjanya terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan sesuai amanat UU Nomor : 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Selain itu, BPJamsostek Langsa juga menginformasikan peserta dapat mengajukan klaim JHT secara online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau dapat dilakukan juga dengan mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan melalui melalui Call Center 175 terkait program dan manfaat BPJamsostek.

Direktur RSUD Sultan Abdul Azis Syah, dr. Reza Fazri, mengapresiasi dan mendukung BPJamsostek Langsa atas sosialisasi sehingga dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Ke depan, kami akan memastikan seluruh tenaga honorer RSUD Sultan Abdul Azis Syah terlindungi dan dapat manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan sehingga diharapkan dapat lebih produktif karena bekerja lebih aman, nyaman, dan bebas cemas," ujarnya.

(DIR/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi