Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI Berpotensi Kena Sanksi

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI Berpotensi Kena Sanksi
Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, PSSI Berpotensi Kena Sanksi (PSSI)

Analisadaily.com, Jakarta - Federasi sepak bola dunia, FIFA, memastikan Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan tersebut disampaikan langsung melalui rilis resmi pada Rabu (29/3) malam WIB.

Dilansir dari Liputan6.com, posisi Indonesia sebagai lokasi penyelenggara sejak awal memang sudah terancam menyusul adanya gelombang penolakan partisipasi Israel di FIFA World Cup U-20 2023.

FIFA langsung mengambil sikap tegas dengan membatalkan drawing yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada Jumat (31/3) setelah Gubernur I Wayan Koster menyampaikan surat penolakan Israel kepada Kemenpora.

“Menyusul adanya pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketum PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akibat situasi saat ini,” tulis FIFA melalui rilis resminya.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal pelaksanaan turnamen tetap tidak berubah. Potensi sanksi untuk PSSI juga akan diputuskan setelahnya,” sambung federasi sepak bola dunia.

Penolakan terhadap kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah memicu pembatalan acara drawing yang sejatinya digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

FIFA sejauh ini tidak menjelaskan alasan pembatalan tersebut, tapi penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster, terhadap kehadiran Israel diduga menjadi pemicunya. Erick Thohir kemudian diutus Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), untuk menemui FIFA.

Menurut Arya, Erick kini tengah melakukan negosiasi untuk menyelamatkan Piala Dunia U-20. Meski demikian anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga sudah berpesan agar masyarakat siap dengan segala kemungkinan terburuk.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi