Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Paskah Kepada Dunia

Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Paskah Kepada Dunia
Paus Fransiskus tiba untuk menghadiri misa Minggu Paskah di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, 9 April 2023. (Reuters/Yara Nardi)

Analisadaily.com, Vatican City - Paus Francis meminta Rusia untuk mencari kebenaran tentang invasi negara mereka ke Ukraina dalam pesan Paskahnya kepada dunia pada hari Minggu (9/4) dan mengimbau dialog antara Israel dan Palestina menyusul kekerasan baru-baru ini.

Pria berusia 86 tahun ini memimpin Misa hari Paskah yang khusyuk di Lapangan Santo Petrus yang cerah setelah cuaca dingin yang tidak biasa memaksanya untuk melewatkan kebaktian di luar ruangan pada hari Jumat, tindakan pencegahan setelah dirawat di rumah sakit karena bronkitis pada akhir Maret.

Hamparan 38.000 bunga yang disumbangkan oleh Belanda menghiasi alun-alun untuk tanggal yang paling penting dan menggembirakan dalam kalender liturgi Gereja, memperingati hari orang Kristen percaya bahwa Yesus bangkit dari kematian. Unit kehormatan Pengawal Swiss Vatikan dan polisi Carabinieri Italia, keduanya dalam pakaian seremonial, berdiri tegak.

Tetapi kemegahan tradisional dan nyanyian sakral kemudian digantikan realitas modern. Fransiskus kemudian naik ke balkon tengah Basilika Santo Petrus untuk menyampaikan pesan dan pemberkatan "Urbi et Orbi" (kepada kota dan dunia) dua kali setahun, berbicara kepada kerumunan yang diperkirakan sekitar 100.000 orang di Vatikan.

Di sana, dari tempat yang sama di mana dia pertama kali muncul ke dunia sebagai paus pada malam pemilihannya pada tahun 2013, dia berbicara tentang kegelapan dan kesuraman di mana, terlalu sering, dunia kita menemukan dirinya diselimuti, dan berdoa untuk Tuhan untuk perdamaian.

"Bantu orang-orang Ukraina tercinta dalam perjalanan mereka menuju perdamaian, dan berikan cahaya Paskah kepada orang-orang Rusia," katanya.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu, Francis setidaknya dua kali seminggu menyebut Ukraina dan rakyatnya sebagai "martir" dan menggunakan kata-kata seperti agresi dan kekejaman untuk menggambarkan tindakan Rusia.

Pada hari Minggu dia meminta Tuhan untuk "menghibur yang terluka dan semua orang yang kehilangan orang yang dicintai karena perang, dan mengabulkan bahwa para tahanan dapat kembali dengan selamat dan sehat ke keluarga mereka.

"Buka hati seluruh komunitas internasional untuk berjuang mengakhiri perang ini dan semua konflik dan pertumpahan darah di dunia kita," ucapnya.

Seperti yang dia lakukan setiap Paskah, Fransiskus menyerukan perdamaian di Timur Tengah, seruannya menjadi lebih mendesak dengan kekerasan baru-baru ini di Yerusalem dan baku tembak lintas batas yang melibatkan Israel, Lebanon, dan Suriah.

"Pada hari ini, Tuhan, kami mempercayakan kepada Anda kota Yerusalem, saksi pertama kebangkitan Anda. Saya menyatakan keprihatinan mendalam atas serangan beberapa hari terakhir ini yang mengancam iklim kepercayaan dan rasa hormat yang diharapkan, yang diperlukan untuk melanjutkan dialog antara Israel dan Palestina, sehingga perdamaian dapat memerintah di Kota Suci dan di seluruh wilayah," katanya.

Ketegangan Israel-Palestina meningkat tajam sejak penggerebekan polisi Israel pekan lalu di masjid Al-Aqsa di Yerusalem, yang menyebabkan kemarahan di seluruh dunia Arab.

Di sela-sela Misa dan pembacaan pesannya, Fransiskus, tampil dalam bentuk yang bagus, diantar dengan mobil paus di sekitar alun-alun dan menyusuri jalan raya utama menuju Sungai Tiber sehingga lebih banyak orang dapat melihatnya.

Dalam pesannya Francis juga menyebutkan ketidakstabilan di Lebanon, mengungkapkan harapan bahwa "orang-orang Rohingya yang mati syahid" di Myanmar "dapat menghadapi keadilan", dan menyerukan lebih banyak bantuan untuk para korban gempa bumi pada bulan Februari yang menewaskan hampir 56.000 orang di Turki dan Suriah.

Di bagian pidato di mana dia menyebutkan Nikaragua, paus meminta Tuhan untuk "mengingat semua orang yang dilarang untuk menyatakan iman mereka secara bebas dan terbuka".

Hubungan antara pemerintah dan Gereja Katolik di Nikaragua sangat tegang. Pemerintah, yang telah menangguhkan hubungan diplomatik dengan Vatikan, melarang prosesi Pekan Suci di luar ruangan tahun ini.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi