USU-Universitas Satya Terra Bhinneka Kerja Sama Tri Dharma Perguruan Tinggi

USU-Universitas Satya Terra Bhinneka Kerja Sama Tri Dharma Perguruan Tinggi
USU-Universitas Satya Terra Bhinneka tunjukkan MoU Program Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Satya Terra Bhinneka. Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Ruang Audiensi Rektor pada Senin (17/04/2023).

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si dan pendiri Universitas Satya Terra Bhinneka, dr. Sofyan Tan.

Rektor USU Prof. Muryanto Amin menyatakan, melalui penandatanganan MoU ini diharapkan tercipta para generasi unggul yang siap berkontribusi dalam upaya-upaya pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Juga saling memberikan benefit berupa tindaklanjut program kerja sama terkait implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah disepakati antara kedua institusi, yang semoga dapat diimplementasikan segera,” ungkap Rektor USU.

Kerja sama antaruniversitas ini sendiri meliputi beberapa ranah di antaranya terkait penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan kelembagaan yang masuk dalam wilayah tri dharma perguruan tinggi.

Tandatangani nota kesepahaman.
Rektor USU menyebut kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki kedua universitas. Nantinya berbagai bentuk kegiatan yang mendukung pengembangan wawasan, keilmuan dan inovasi akan dikembangkan.

"Kerja sama ini segera ditindaklanjuti dengan pembentukan tim untuk membahas teknis kerja sama secara rinci," tegasnya.

Rektor berharap dalam masa pembentukan tim tersebut, USU dapat mendampingi Universitas Satya Terra Bhinneka, serta mendatangkan manfaat bagi para dosen dan mahasiswa yang terlibat.

“Nanti akan ada tim yang dibentuk secara bersama, kemudian membicarakan teknisnya tadi yang sudah kita tanda tangani, itukan butuh bicara detail,” kata Rektor USU.

Dokter Sofyan Tan mengatakan, USU diharapkan dapat membimbing Universitas Satya Terra Bhinneka dalam menjalankan pendidikan tinggi yang sesuai dengan tri dharma pendidikan, terutama berkaitan dengan riset.

“Selama ini kami melihat bahwa pembangunan pembukaan di universitas yang ada di Sumatera Utara, lebih berorientasi lebih banyak kepada ekonomi, dan tidak terlalu serius di dalam tri dharmanya itu,” ungkap dr. Sofyan Tan.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi