Pendapatan Kota Tanjungbalai Capai 94,58 Persen

Pendapatan Kota Tanjungbalai Capai 94,58 Persen
Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib menyampaikan nota LKPJ Wali Kota Tahun Anggaran 2022, Rabu (26/4) (Analisadaily/Ridwan Marpaung)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Realisasi pendapatan Kota Tanjungbalai tahun 2022 mencapai 94,58 persen atau sebesar Rp 599,5 miliar dari target yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp 633,8 miliar.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib, saat Rapat Paripurna DPRD Kota Tanjungbalai penyampaian nota pengantar laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tahun Anggaran 2022 di Aula Rapat DPRD Kota Tanjungbalai, Jalan Jend. Sudirman, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Rabu (26/4).

Waris memaparkan, pendapatan Kota Tanjungbalai Tahun 2022 terdiri dari pendapatan asli daerah dan pendapatan transfer di mana realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungbalai pada tahun 2022 mencapai 72,84 persen atau sebesar Rp 61 miliar lebih dari target sebesar Rp 83,9 miliar.

"Realisasi pendapatan transfer mencapai 97,90 persen atau sebesar Rp 538,3 miliar dari target sebesar Rp 549,9 miliar," lanjutnya.

Waris juga menyampaikan visi pemerintah daerah yang sudah termaktub dalam dokumen RPJMD tahun 2021-2026, yakni Mewujudkan Kota Tanjungbalai yang Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis (BERSIH).

Selain itu, Waris juga menyampaiakan Misi Pemerintah Kota Tanjungbalai, diantaranya melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) untuk mencapai prestasi di berbagai bidang pembangunan dengan mengedepankan pelayanan publik yang prima.

"Mewujudkan kehidupan umat beragama menuju masyarakat yang religius dan berakhlaq mulia," lanjutnya.

Lalu, meningkatkan perekonomian daerah dengan memanfaatkan potensi ekonomi unggulan serta meningkatkan daya saing dalam rangka mendorong kemandirian menuju masyarakat maju dan sejahtera.

Mewujudkan kualitas sumberdaya manusia melalui pembangunan pendidikan yang berkualitas berbasis IPTEK dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Mewujudkan penataan kota yang bersih, indah dan rapi dengan dukungan infastruktur yang baik dan berdasarkan pada prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

Membina kehidupan sosial politik masyarakat dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat yang demokratis dan harmonis dalam keanekaragaman suku dan agama yang berpegang teguh adat dan budaya.

Mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan tatanan kehidupan sosial masyarakat melalui penguatan peran keluarga.

Waris mengungkapkan, jumlah penduduk Kota Tanjungbalai berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada tahun 2022 berjumlah 179.589 jiwa dengan kepadatan penduduk 2.967 jiwa per km kubik.

"Penduduk laki-laki berjumlah 91.024 jiwa dan penduduk perempuan berjumlah 88.565 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk Kota Tanjungbalai tahun 2022 adalah sebesar 0,24 persen," terangnya.

(RM/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi