Hutama Karya Prediksi Puncak Arus Balik Kedua di JTTS Minggu 30 April 2023

Hutama Karya Prediksi Puncak Arus Balik Kedua di JTTS Minggu 30 April 2023
Ilustrasi - Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Analisadaily.com Jakarta - Hutama Karya memprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 kedua di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan terjadi pada Minggu 30 April.

"Hutama Karya memprediksi lonjakan puncak Arus Balik Lebaran 2023 kedua akan terjadi pada hari Minggu 30 April," kata EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji, dilansir dari Antara, Jumat (28/4).

Dwi Aryono mengatakan, Hutama Karya mencatat sebanyak lebih dari 2,4 juta kendaraan telah melintasi Jalan Tol Trans Sumatera hingga H+5 Lebaran 2023 atau Kamis (27/4).

"Angka tersebut meningkat 42 persen jika dibandingkan dengan Volume Lalu Lintas (VLL) Normal," katanya.

Secara spesifik, selama Arus Balik Lebaran 2023 didapati lonjakan lalu lintas yang masih cukup tinggi dimana pada H+4 atau Kamis (27/4) terdapat sebanyak total 12.531 kendaraan yang keluar dari Sumatra via Gerbang Tol Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, atau meningkat sebanyak 60,38 persen jika dibandingkan dengan VLL Normal.

Untuk mengoptimalkan pelayanan selama periode arus balik 25 April- 1 Mei, Hutama Karya bersama Kementerian BUMN juga menyediakan sejumlah fasilitas diantaranya booth pijat dan obat gratis, dan refreshment di sejumlah titik tempat istirahat (rest area) yakni rest area di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar KM 49B, 87B, Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) KM 269, dan KM 234.

Hutama Karya akan terus memperbarui perkembangan terkini mengenai volume lalu lintas di JTTS dan mengimbau pemudik untuk dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara di kecepatan maksimal 80 km/jam.

Selain itu, pengguna jalan tol juga diimbau untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk, memastikan saldo Kartu Uang Elektronik tercukupi sebelum melakukan perjalanan, serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi