Kementerian Perhubungan Kirim Surat Teguran ke Pengelola KNIA

Kementerian Perhubungan Kirim Surat Teguran ke Pengelola KNIA
Petugas Kepolisian saat melakukan evakuasi terhadap jenazah seorang wanita di bawah lift Bandara Internasinal Kualanamu. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengirimkan surat teguran kepada Angkasa Pura Aviasi yang berkewajiban memastikan keselamatan, keamanan, dan pelayanan di Bandara tersebut.

Teguran itu disampaikan usai mendengar menerima informasi mengenai penemuan mayat di bawah lift di dalam terminal Bandar Udara lnternasional Kualanamu, Medan pada Kamis (27/4) lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kristi Endah Murni, mengatakantelah berkomunikasi dengan Angkasa Pura Aviasi selaku penanggungjawab tunggal (single accountable) operasional di Bandara Kualanamu.

“Kami sudah berbicara dengan pihak penanggungjawab operasional Bandara dalam hal ini Angkasa Pura Aviasi. Saya perintahkan agar lebih meningkatkan lagi aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di Bandara serta segera melakukan perbaikan pada fasilitas yang mengalami kerusakan,” tegas Kristi di Jakarta, Minggu (30/4).

Kristi juga memerintahkan kepada Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap pelayanan bandara di wilayah kerjanya sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

Pada kasus ini, kedua lembaga itu menyerahkan proses penyelidikan kepada Polisi Sektor Bandara Kualanamu. Sedangkan untuk proses penanganan korban dilakukan oleh Polresta Deli Serdang.

“Demi kepentingan keselamatan dan penyelidikan, untuk sementara lift tempat kejadian perkara (sisi kiri) dan lift yang berpasangan di sisi kanan tidak difungsikan dahulu sampai penyelidikan selesai,” jelas Kristi.

Menghindari kejadian serupa tidak berulang, Kementerian Perhubungan akan melakukan evaluasi setelah hasil dari penyelidikan dari polisi sudah keluar dan diketahui penyebabnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, petugas keamanan bandara (Avsec) mencium bau bangkai pada area lift di area publik gedung terminal Bandara dan segera melaporkan kepada teknisi lift.

Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan mayat perempuan dan selanjutnya melaporkan kepada Polsek Bandara yang segera dilakukan sterilisasi di area lift serta melakukan koordinasi dengan PT. Angkasa Pura Aviasi dan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II.

(TRY/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi