Cerah Berawan Dominasi Cuaca Kota-kota Besar di Indonesia

Cerah Berawan Dominasi Cuaca Kota-kota Besar di Indonesia
Ilustrasi - Cuaca di Medan beberapa waktu lalu (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cerah berawan mendominasi hampir keseluruhan laporan cuaca kota-kota besar di Indonesia.

Berdasarkan data yang dikutip dari laman resmi BMKG, dilansir dari Antara, Sabtu (13/5) melaporkan, kondisi cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di sejumlah kota seperti Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Palembang pada pagi hari.

Cuaca cerah berpotensi terjadi di empat daerah seperti Aceh, Samarinda, Padang, dan Jambi dengan suhu udara berkisar 24 - 32 derajat Celsius.

Sedangkan cuaca berawan berpotensi terjadi di Serang, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan Bandar Lampung, Ternate, Jayapura, Manokwari, Manado, dan Medan.

Adapun hujan diprakirakan hanya turun di Ambon dengan intensitas sedang dengan kelembaban 80 - 95 persen.

Memasuki siang hari, cuaca cerah berawan masih mendominasi di sejumlah kota besar di Indonesia seperti di Denpasar, Bengkulu, Jambi, Surabaya, Pontianak, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Kupang, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Padang.

Cuaca cerah berpotensi terjadi di Aceh dan Medan dengan suhu udara berkisar 24 - 32 derajat Celsius.

Sedangkan cuaca berawan berpotensi terjadi di Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Semarang, Tanjung Pinang, Ternate, Mataram, Jayapura, Manokwari, dan Palembang.

Sementara hujan diprakirakan turun di sejumlah daerah seperti Serang, Bandung, Banjarmasin, Palangkaraya, Bandar Lampung, dan Manado dengan intensitas ringan serta Ambon dengan intensitas sedang.

Menjelang malam hari, cuaca berawan berpotensi terjadi di mayoritas kota-kota besar di Indonesia seperti Gorontalo, Bandung, Semarang, Pontianak, Tarakan, Tanjung Pinang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Padang.

Cuaca cerah berpotensi terjadi di sejumlah kota seperti Aceh, Denpasar, Surabaya, Pekanbaru, dan Palembang.

Sedangkan cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di Yogyakarta, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, dan Kupang.

Adapun hujan diprakirakan turun di Serang, Bengkulu, Jakpus, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Ternate, Manado, dan Medan.

Meskipun demikian, BMKG mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai seluruh potensi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi