Muhammadiyah dan NU Serukan Kepemimpinan Moral pada Pemilu 2024

Muhammadiyah dan NU Serukan Kepemimpinan Moral pada Pemilu 2024
Ketua umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (kedua kanan) bersama ketua umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (kedua kiri) (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Analisadaily.com, Jakarta - Dua organisasi kemasyarakatan Islam yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) sepakat untuk menyerukan kepemimpinan moral menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam politik ini perlu ada kepemimpinan moral supaya tidak disetir dengan kepentingan-kepentingan pragmatis," kata Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf saat ditemui di Kantor Pusat PBNU, Jakarta, dilansir dari Antara, Kamis (25/5).

Yahya mengatakan kedepannya PBNU dan Muhammadiyah akan melanjutkan diskusi-diskusi untuk menindaklanjuti hasil pertemuan pada hari ini.

Dia menyebutkan pihaknya berkomitmen untuk melakukan kompetisi politik secara bermoral dengan lebih bersih serta tidak menimbulkan perpecahan dalam masyarakat.

"Kita butuh kepemimpinan moral. NU dan Muhammadiyah tentu akan berusaha untuk melaksanakan tanggung jawab dengan memberikan keteladanan sikap," ujar pria yang akrab disapa sebagai Gus Yahya tersebut.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan kepemimpinan moral diharapkan dapat menjadikan Pemilu 2024 lebih bermartabat.

Kepemimpinan moral itu, jelasnya, melahirkan arah dan visi kebangsaan yang jelas, sehingga kontestasi politik tak hanya berupa ajang mencapai kekuasaan semata.

"Tapi ada visi kebangsaan, apa yang mau dibawa dan diwujudkan yang berangkat dari pondasi yang diletakkan para pendiri bangsa," tutur Haedar.

Ia menjelaskan kepemimpinan moral yang disepakati itu diharapkan mampu menyetir kontestasi politik menjadi lebih baik. Siapa pun pemimpin negeri ini yang terpilih, maka dia akan menjadi satu kepemimpinan yang sadar atas perilaku baik dan buruk.

"Kami sebagai kekuatan keagamaan kemasyarakatan yang non-politik praktis punya panggilan moral, hadir tanpa merasa paling benar sendiri," ujarnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi