1 Jemaah Haji Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

1 Jemaah Haji Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi
Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari  (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Innalillaahi Wainna Ilaihi Raji'un. Seorang jemaah haji Aceh asal Kota Lhokseumawe, Muhammad Yusuf Dadeh (70 tahun) meninggal dunia di Arab Saudi, Minggu (4/6).

Pemilik paspor C6319460 tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 BTJ. Ia meninggal dunia pada pukul 05.00 bakda subuh Waktu Arab Saudi (WAS) di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah.

Informasi meninggalnya Muhammad Yusuf disampaikan Ketua Kloter 04-BTJ, Zulkifli kepada Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari melalui aplikasi perpesanan daring.

"Innalillahi Wainna Ilaihi Raji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Muhammad Yusuf Dadeh, jemaah BTJ-04, jam 05.00 bakda subuh tadi waktu Arab Saudi di Madinah," kata Zulkifli.

Dalam sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, almarhum diduga mengalami gastroenteritis, peradangan atau iritasi pada usus dan dehidrasi. Ia juga mengidap diabetes mellitus.

Almarhum sebelumnya dirujuk ke KKHI pada Jumat, 2 Juni 2023, kemudian dirujuk ke RSU Madinah Almunawarah semalam.

"Pertama kita bawa KKHI saat kritis dibawa ke RSU Madinah, almarhum meninggal di RSU Madinah," kata Zulkifli.

Ketua PPIH Aceh Azhari mengatakan, saat ini petugas kloter bersama pihak maktab sedang dalam proses pengurusan jenazah.

"Insya Allah akan dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan di tempatkan di sisi Allah," ujar Azhari.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi