Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Medan Diwarnai Penyerahan dan Penanaman Bibit Pohon

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Medan Diwarnai Penyerahan dan Penanaman Bibit Pohon
Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Medan Diwarnai Penyerahan dan Penanaman Bibit Pohon (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Medan diwarnai dengan aksi penyerahan dan penanaman bibit pohon kepada ratusan warga di Jalan Datuk Rubiah, Lingkungan 30, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Medan pada Senin (5/6).

Penyerahan dan penanaman bibit pohon tersebut sebagai upaya edukasi kepada warga akan pentingnya menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri. Selain penyerahan 300 bibit pohon kepada warga, mereka juga dibekali pemahaman akan pentingnya melestarikan lingkungan melalui talkshow yang melibatkan lintas stakeholder.

“Peran lingkungan hidup sangat berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari sehingga rasa kepekaan kita untuk menjaga keseimbangan alam harus kita pupuk mulai dari kita sendiri,” pesan aktivis lingkungan, R Mawarni Putri dalam talkshow peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Sementara itu, menurut Manda Bhastary, akademisi sekaligus anggota Karang Taruna Rengas Pulau mengatakan, aksi penanaman pohon ini sebaiknya menjadi kebiasaan sehari-hari, khususnya bagi kalangan anak muda.

“Anak-anak muda sebaiknya bergerak bersama sehingga menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan ini sebaiknya menjadi kebiasaan. Baik itu tentang menanam bibit pohon, tidak membuang sampah sembarangan, pemakaian energi listrik yang tidak berlebihan dan pemakaian air bersih secukupnya,” kata Manda.

Menurut M Rafiq Akbar, selaku Precious Plastic Medan, yang juga mengisi dialog bertema “Aksi Kolaborasi Generasi Muda untuk Kehidupan yang Berkelanjutan” menjelaskan, perlunya inovasi dalam pengolahan sampah plastik dalam mencegah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh limbah sampah.

“Saat ini kami terus bergerak bergerilya mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah plastik menjadi produk daur ulang yang bisa di pergunakan lagi dalam kehidupan sehari hari,” kata Rafiq, perwakilan dari DPP Ilusman 3 Medan.

Ketua Ikatan Alumni Kehutanan USU (IKAHUT USU) Yudha Lesmana Pohan, yang juga turut andil pada acara tersebut berharap agar penanaman pohon dengan melibatkan warga langsung, menjadi trigger untuk menjaga keseimbangan alam.

“Karena pohon memproduksi oksigen dalam kehidupan kita dan nantinya pohon ini berbuah dapat kita konsumsi. Sehingga kegiatan hari ini menjadi sebuah kenangan manis rasa kepekaan kita terhadap bumi yang kondisinya tidak baik-baik saja karena pengaruh perubahan iklim,” kata Yudha.

Yudha Pohan menilai, Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan. Momen ini juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pencapaian dan terus melanjutkan tekad dalam mengatasi tantangan kerusakan lingkungan hidup.

“Peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat dunia mengenai pentingnya menjaga dan mengatasi permasalahan lingkungan untuk kehidupan yang berkelanjutan,” kata Yudha.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dilaksanakan oleh lintas stakeholder baik dari Yayasan Rumah Mawar Indonesia, Karang Taruna Rengas Pulau, Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMA 3 Medan dan Pengurus Pusat Alumni Kehutanan USU (IKAHUT USU).

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi