Tujuh Kapolres di Sumatera Utara Dimutasi

Tujuh Kapolres di Sumatera Utara Dimutasi
Ilustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak dimutasi ke Lemdiklat Polri dalam persiapan penugasan luar struktur. Penggantinya, adalah Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, sebelum menjabat sebagai Asops Kapolri.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan bahwa mutasi tersebut sebagian penyegaran di tubuh Polri.

"Mutasi dalam tubuh Polri itu, hal biasa untuk penyegaran tour of duty," kata Hadi, Senin (26/6).

Mutasi Irjen Pol Panca berdasarkan surat Telegram Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Nomor : ST/1394/VI/KEP/2023, ST 1395/VI/KEP/2023, ST 1396/VI/KEP/2023 tanggal 24 Juni 2023 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri pada tanggal 26 Juni 2023.

Selain Irjen Pol Panca, Kapolri juga memutasi 7 Kapolres, yakni Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan dimutasi sebagai Wadansatbrimob Polda Sulawesi Tenggara. Jabatan Indra akan diisi oleh AKBP Dari Astetika yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Riau.

Selanjutnya, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbagjianta Baganev Robinopsnal Bareskrim Polri. Jabatan Kapolres Tapteng akan diisi oleh AKBP Basa Emden Banjarnahor yang menjabat sebagai Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda Kalteng.

Kemudian, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicholas Sidabutar dimutasi sebagai Irbid Itwasda Polda Sumut. Jabatan Ronny akan diisi oleh AKBP Wahyudi Rahman yang sebelumnya menjadi Kapolres Dairi.

Jabatan Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman akan diisi oleh AKBP Reinhard Nainggolan, Kapolres Nias Selatan.

Kapolres Nias Selatan AKBP Reinhard Nainggolan dimutasi menjadi Kapolres Dairi. Jabatan Kapolres Nias Selatan akan diisi oleh AKBP Boney Wahyu Wicaksono, Kasubbidpaminal Bidapropam Polda Kepri.

Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando dimutasi sebagai Kasubbagrapplinetik Bagrapkum Robankum Divkum Polri. Jabatan Kapolres Pematang Siantar akan diisi AKBP Yogen Heroes Baruno yang sebelumnya menjabat sebagai kasat Reskrim Polres Metro Depok.

Kapolres Binjai, AKBP Hendrick Situmorang dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri. Jabatan Kapolres Binjai akan diisi oleh AKBP Rio Alexander Panelewen yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Nduga Papua.

Mutasi Kapolda Sumut bersama 7 Kapolres dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi. Ia mengatakan mutasi tersebut, hal yang biasa ditubuh institusi Polri.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi