Kapal Rumah Sakit Apung PDI Perjuangan Tiba di Belawan

Kapal Rumah Sakit Apung PDI Perjuangan Tiba di Belawan
Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati milik fraksi PDIP bersandar di Pelabuhan Belawan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati milik fraksi PDIP bersandar di Pelabuhan Belawan. Bersandaranya kapal rumah sakit itu sebagai wujud pengabdian dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tanah air, hingga ke pelosok desa, Senin (26/6).

"Kapal ini dipersembahkan kepada bangsa dan negara untuk pengabdian memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Rapidin Simbolon.

Rapidin menuturkan, Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati itu akan berada di Pelabuhan Belawan sejak 26 hingga 28 Juni, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara gratis, baik berat maupun ringan. Masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan tidak perlu membayar, hanya melengkapi identitas diri.

"Kapal ini akan memberikan pelayanan kesehatan berat dan ringan kepada masyarakat secara gratis, tanpa persyaratan," tuturnya.

Menurut Rapidin, jika nanti adanya masyarakat atau pasien perawatan lebih lanjut setelah menjalani perawatan awal di Kapal Apung tersebut, maka selanjutnya akan dirujuk ke rumah sakit milik pemerintah.

"Kapal ini juga dirancang untuk masuk ke pelosok-pelosok desa sebagai karya inovatif PDIP sehingga masyarakat yang ada dipulau-pulau terpencil, tetap mendapatkan layanan kesehatan yang memadai," ucapnya.

Sebelumnya, Rapidin menyampaikan, Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati itu dilaunching dan diberangkatkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Dia mengucapkan terima kasih atas kedatangan kapal tersebut untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Belawan khususnya dan Sumatera Utara umumnya.

"Ini adalah murni ide ibu Megawati dan kami mensupport bantuan alat medis dan dokter," ungkapnya.

Rencananya, setelah dari belawan, pada 29 Juni nanti, Rumah Sakit terapung Laksamana Malahayati akan bertolak di Banda Aceh untuk misi kemanusiaan.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi