Dadan Ramdan: Warga Sunda Bisa Berkontribusi untuk Sumatera Utara

Dadan Ramdan: Warga Sunda Bisa Berkontribusi untuk Sumatera Utara
Paguyuban Wargi Wargi Sunda (PWS) Sumatera Utara (Sumut) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-87 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaliy.com, Medan - Paguyuban Wargi Wargi Sunda (PWS) Sumatera Utara memperingati hari ulang tahun ke-87. Sejak berdiri 27 Juni 1936 organisasi ini tetap eksis dan memberikan kontribusi untuk pembangunan. Pada momen ini, rasa kekompakan dalam organisasi antara pengurus diharapkan terbangung dengan baik.

"Kita ingin kedepan lebih kompak lagi, artinya semua merasa, organisasi ini milik semua, semua bertanggungjawab pada tujuan, jadi organisasi ini, untuk saling asih, saling asuh," kata Ketua DPP PWS Sumut, Prof Dadan Ramdan, Sabtu, (1/7).

Dadan menuturkan, penyebaran warga sunda di Sumut, awalnya datang pada masa pemerintahan Belanda yang dipekerjakan di perkebunan Deli Matschapi. Namun setelah kontrak selesai, sebagaian kecil pekerja sunda tidak kembali kedaerah asal.

"Jadi warga sunda yang ada di sumut, awalnya itukan mereka kerja diperkebunan, nah kalau sekarang itu sudah berbagai macam profesi ada," tuturnya.

Selain itu, kata Dadan banyak juga orang Sunda yang sudah menetap di Sumut, bahkan banyak yang menjabat di pemerintahan di Sumut.

"Bahkan sudah ada aggota dewan, ada yang pengusaha, ada yang jadi dosen seperti saya, di semua PTN ada, Unimed, USU, Polmed, swasta apalagi, banyak warga sunda yang sudah berkiprah. Oleh karena itu, kita yakin warga sunda ini punya kontribusi di Sumut," ucapnya.

Dadan menjelaskan, hingga kini PWS Sumut sudah terbentuk di 11 Kabupaten/Kota, dengan jumlah keanggotan yang terdata hampir 2.000 kepala keluarga. Karena itu, Dadan mengharapkan, kedepan PWS Sumut dapat memberikan warna ditengah-tengah masayarakat Sumut.

"Hanya saja banyak yang belum terdata, jadi banyak yang hanya dia memasukkan ayahnya saja, ibunya tidak dimasukkan. Ada anggota keluarga, anak-anaknya, bahkan ada yang sudah punya cucu punya mantu, itu tidak di data, kalau semua dimasukkan di anggota itu luar biasa banyaknya," jelasnya.

Dadan berharap kedepannya PWS dapat memberikan warna di Sumut.

"Kami mengharapkan PWS itu, lebih punya warna di sumut, jadi keberadaan itu memang, bisa dilihat dan bisa dirasakan, sekarang itu ya, sudah ada pengakuan dari Gubernur. Jadi saya yakin pak gubernur itu sudah memberikan kepercayaannya pada PWS," ungkapnya.

Ketua Panitia, Sugeng Riyadi menambahkan bahwa kegiatan HUT PWS ke-87 ini bukan hanya sekedar untuk memperingati, tapi juga berusaha memberikan kontribusi terhadap masayarakat sekitar, terutama warga Sunda yang dalam paguyuban juga masyarakat umum.

"Harapannya kami dari PWS, bisa berkontribusi dan bisa bermanfaat bagi warga Sunda diperantauan dan warga Sumut pada umumnya," tambahnya.

HUT ke-87 PWS ini dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya melakukan syukuran hari jadi PWS, penampilan seni sunda, santunan anak yatim, menggelar kegiatan donor darah dan sunatan massal.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi