Waspadai Potensi Banjir dan Longsor Dampak Hujan Lebat

Waspadai Potensi Banjir dan Longsor Dampak Hujan Lebat
Ilustrasi - Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj/aa)

Analisadaily.com, Medan - Sejumlah wilayah di Sumatera Utara beberapa hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yang dapat menyebabkan terjadinya banjir dan longsor.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan, Putri Diana Tarigan, menyebutkan masyarakat diimbau agar waspada potensi terjadinya hujan disertai guntur dan angin kencang di Lereng Timur, pegunungan sampai lereng Barat Sumatera Utara.

"Kondisi itu berpeluang terjadi pada sore hingga malam hari yang dapat memicu terjadinya genangan air, banjir, longsor dan bencana hidrometerologis lainnya. Secara umum dalam dua hari ke depan cuaca pada pagi hari rata-rata berawan di Sumatera Utara," kata Putri dilansir dari Antara, Senin (3/7).

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di Kepulauan Nias dan sekitarnya

Sementara pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga hujan lebat di sejumlah wilayah Sumatera Utara seperti di Binjai, Karo, Humbang Hasundutan, P.adang Sidempuan, Tapanuli Utara, Toba, Padang Laws, Padang Lawas Utara dan sekitarnya

Serta pada dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Medan, Binjai, Deli Serdang, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya

Suhu Udara rata-rata 16.0 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara : 65 – 95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi