PSAWI Sumut Target 3 Medali pada PON XXI

PSAWI Sumut Target 3 Medali pada PON XXI
Penyerahan medali (Analisadaily/David Hilton Purba)

Analisadaily.com, Balige - Pra PON XXI Cabang Olah Raga Ski Air resmi berakhir pada Minggu (9/7). Kualifikasi PON XXI tersebut ditutup langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus, selaku tuan rumah.

Kualifikasi ini telah digelar sejak 4 Juli lalu yang diikuti oleh 152 atlet dari 16 provinsi di Danau Toba, tepatnya di venue Lapangan Sisingamangaraja, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Dalam sambutannya, Poltak Sitorus menyampaikan selamat kepada para juara yang akan bertanding pada PON XXI tahun 2024 mendatang.

"Selamat kepada para juara yang lolos untuk PON, dan semoga dapat mengharumkan daerah masing-masing yang mengutusnya. Dan kepada yang tidak lolos, tetap semangat. Itu hanya kemenangan yang tertunda," ujarnya.

Secara khusus, Poltak Sitorus menyampaikan terima kasih kepada KONI dan PSAWI (Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia) Sumut atas penunjukan Kabupaten Toba sebagai tuan rumah pelaksanaan Ski Air untuk Pra PON XXI sekaligus untuk PON XXI tahun 2024 mendatang.

"Kita bersyukur dan berterima kasih bahwa Pra PON dan PON XXI untuk cabang olah raga Ski Air bisa digelar di sini. Terima kasih kepada KONI dan PSAWI Sumut,” sebutnya.

Poltak Sitorus menyampaikan bahwa tujuan utama pelaksanaan Pra PON dan PON XXI tidak sekadar olah raga, namun juga untuk mendatangkan wisatawan. Terlebih cabang olah raga ini akan diikuti 16 provinsi.

Karena itu dirinya mengajak seluruh masyarakat Toba khususnya Balige untuk bersama-sama menyambut wisatawan yang akan datang ke Toba.

“Ayo kita sambut wisatawan, layani dengan baik. Ini salah satu cara mempromosikan wisata yang ada di sini," ujar Poltak Sitorus.

Wakil Ketua Umum KONI Sumut, Agung Sunarno yang hadir pada seremoni penutupan kualifikasi Ski Air mengatakan, Sumut menargetkan 5 besar pada PON XXI yang akan digelar di Sumut dan Aceh pada tahun 2024 mendatang.

“Punya target Sumatera Utara nanti 5 besarlah. Mudah-mudahan dengan doa kita bersama, dengan kekuatan kita di Kabupaten/Kota kita bisa berhasil," ujarnya.

Untuk Cabor Ski Air, PSAWI Sumut sendiri menargetkan 3 medali pada PON XXI mendatang yang juga akan digelar di danau toba. Target ini disampaikan oleh ketua PSAWI Sumut yang juga ketua panitia pelaksana, Muhammad Alhusaini.

“Dari 15 nomor yang dipertandingkan, unggulan kita wakesurf. Jadi Pra PON ini adalah gambaran untuk PON. Kalau dipra PON kita dapat 3, nanti di PON mudah-mudahan kita bisa dapat 4 atau lebih," ujarnya mengakhiri.

(VIT/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi