Sirkuit Baru Ujian Praktek Urus SIM Bagi Pengendara Sepeda Motor Berbentuk S

Sirkuit Baru Ujian Praktek Urus SIM Bagi Pengendara Sepeda Motor Berbentuk S
Sirkuit Baru Ujian Praktek Urus SIM Bagi Pengendara Sepeda Motor Berbentuk S (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Satuan Lalulintas Kepolisian Resort Tapanuli Utara (Satlantas Polres Taput) launching sirkuit baru tempat ujian praktek pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengendara sepeda motor, di Lapangan Terminal Madya Tarutung, Senin (7/8).

Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Taput, AKP Dahnial Saragih mengatakan, sirkuit model baru yang diresmikan ini diubah dari sebelumnya berbentuk angka delapan (8) kini menjadi berbentuk huruf "S".

"Sirkuit baru yang diresmikan ini berbentuk huruf S, diubah dari sirkuit lama yang berbentuk angka 8," ujarnya.

Dia menjelaskan, pengujian bagi pemohon SIM baru melalui sirkuit huruf S ini sesuai surat keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor: Kep /105 /VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023.

"Sebelumnya ujian praktek kendaraan bermotor roda dua menggunakan metode angka 8. Kini dengan Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri yang baru, ujian praktek diubah menjadi huruf S," ucapnya.

Dia juga mengatakan, bagi pemohon yang kalah dalam teori dan praktek ujian pengurusan SIM ini, pihaknya memberikan kesempatan sebanyak 2 kali untuk mengulanginya.

"Bagi pemohon yang kalah diberikan kesempatan 2 kali untuk mengulanginya. Kesempatan yang diberikan pada hari itu juga dan atau 14 hari ke depan," katanya.

Dahnial mengatakan, pihaknya juga menyiapkan bimbingan gratis bagi pemohon SIM, baik teori dan praktek agar memudahkan pemohon dalam pelaksanaan pengurusan SIM.

"Kita menyiapkan bimbingan gratis bagi pemohon baik teori dan praktek agar memudahkan pemohon dalam pelaksanaan pengurusan SIM," pungkasnya.

Seorang warga pemilik kendaraan yang sedang mengurus SIM sepeda motor pada kesempatan itu, Prayadi Sihombing mengatakan, dirinya merasa senang mengikuti ujian praktek pengurusan SIM pada sirkuit baru yang berbentuk huruf S.

"Saya sangat senang karena ujian praktek pada sirkuit baru ini tidak sulit, terlebih pelayanannya juga cukup baik," ungkapnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi