Menciptakan Pendidikan Berkualitas Melalui Inovasi Pembelajaran

Menciptakan Pendidikan Berkualitas Melalui Inovasi Pembelajaran
Pelatihan pengembangan media berbasis lingkungan untuk memfasilitasi pembelajaran yang berorientasi pada penguatan literasi di SD Negeri 06 Sei Suka Deras, Batubara. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Batubara - Tanoto Foundation sebagai sebuah lembaga filantropi yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, terus berupaya berinovasi untuk turut memberikan kontribusi dalam upaya perbaikan kualitas guru.

Tahun ini, melalui program PINTAR (Program Inovasi untuk Peningkatan kualitas Pembelajaran) telah diluncurkan Program FASDA Perubahan. Program ini bertujuan untuk merangsang perubahan positif dalam menaikkan capaian Pendidikan di daerah kabupaten mitra.

Di Kabupaten Batubara yang merupakan salah satu kabupaten mitra, pelaksanaan dalam tahapan program ini dilaksanakan pelatihan pengembangan media berbasis lingkungan untuk memfasilitasi pembelajaran yang berorientasi pada penguatan literasi di SD Negeri 06 Sei Suka Deras pada Senin, 14 Agustus 2023. Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh fasilitator dari Tanoto Foundation, yakni Juni Hari Yanto, Lili Gusni dan Siti Najaliyah yang berperan memberikan panduan, wawasan dan berbagi praktik baik pembelajaran kepada 52 orang guru dari 13 sekolah yang berasal dari 3 kecamatan, yaitu Air Putih, Sei Suka dan Laut Tador.

Juni Hari Yanto, yang juga merupakan ketua panitia pelaksana acara mengungkapkan, kegiatan ini adalah langkah awal dalam mendukung perubahan positif dalam pendidikan.

“Kami percaya bahwa melalui media berbasis lingkungan, kita dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan bermakna bagi siswa,” ungkap Juni.

Kegiatan ini juga dhadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara Darwinson Tumangor yang memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan. Dia menggarisbawahi pentingnya peran media dalam membantu siswa memahami materi pelajaran secara lebih baik.

"Guru perlu menjadi lebih fleksibel dan inovatif dalam menggunakan media untuk mendukung pembelajaran. Paradigma konsep berpikir juga harus berubah agar guru bisa menjadi sosok yang inspiratif bagi siswa," ujar Tumangor.

Sementara itu, Felly Ardan selaku District Coordinator Tanoto Foundation wilayah Kabupaten Batubara menuturkan, Tanoto Foundation terus berupaya untuk mendorong dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di Kabupaten Batubara. “Program ini merupakan bagian dari upaya kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini,” sebutnya.

Melalui Program FASDA Perubahan dan pelatihan media berbasis lingkungan untuk memfasilitasi pembelajaran yang berorientasi pada penguatan literasi ini, Tanoto Foundation diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendidikan di Kabupaten Batubara. Dengan melibatkan guru-guru sebagai ujung tombak pendidikan, diharapkan akan terjadi peningkatan mutu pendidikan dan capaian literasi serta numerasi yang lebih baik di masa mendatang.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi