Deliserdang Raih Penghargaan Desa dan BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Sumut

Deliserdang Raih Penghargaan Desa dan BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Sumut
Deliserdang Raih Penghargaan Desa dan BUMDes Terbaik Tingkat Provinsi Sumut (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Kabupaten Deliserdang meraih penghargaan dari Pemerintah RI maupun Gubernur Sumatera Utara (Sumut) sebagai kategori Desa dan BUMDes terbaik tingkat Provinsi Sumut tahun 2023, yang diserahkan di Istana Negara olah Menteri Dalam Negeri di HUT RI ke-78.

"Berangkat ke Jakarta dalam rangka temu karya tingkat nasional dan penganugerahan dan penghargaan Desa dan pengelola Badan Usaha Desa (BUMDes) terbaik 2023. Dalam hal ini diperoleh Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Deliserdang, Khairul Azman, Sabtu (19/8).

Kata dia, untuk Desa pengelola BUMDes terbaik tingkat Sumut yakni Desa Selemak, Kecamatan Hamparan Perak Deliserdang. Terkhusus BUMDes terbaik ini diperoleh Deliserdang 3 tahun berturut-turut.

"Untuk BUMDes terbaik tahun ini yakni BUMDes Teratai Salju," sebutnya.

Lanjut Khairul, dengan penghargaan yang diperoleh Desa dan BUMdes terbaik baik dari Gubernur Sumut maupun dari Menteri Dalam Negeri, tentu hal ini sangat diapresiasi oleh Bupati Deliserdang, khususnya pada para Kepala Desa.

“Sebab, di akhir masa jabatan beliau memperoleh penghargaan Desa dan BUMDes terbaik. Apalagi status desa di Deliserdang tidak ada lagi yang namanya desa tertinggal, semuanya sudah desa maju berkembang dan mandiri," pungkasnya.

Sebelumnya, di HUT RI ke-78, Gubernur Edy Rahmayadi juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Desa/Kelurahan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2023 di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Kamis, 17 Agustus 2023.

Pada kesempatan itu, Kabupaten Deliserdang memboyong 2 penghargaan sekaligus, yaitu Desa Terbaik dan BUMDes Terbaik tahun 2023. Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang menjadi Juara 1 Desa Terbaik dalam penilaian tahun 2023 dan BUMDes Teratai Salju, Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang menjadi Juara 1 Bumdes Terbaik tahun 2023.

Kemudian Juara ke-2 diraih oleh Desa Paran Padang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Juara ke-3 Desa Rawang Lama, Kecamatan Rawang Panca Arya, Kabupaten Asahan. Juara Harapan 1 Desa Perkebunan Tanjung Kasau, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batubara.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi