Potensi Zakat Indonesia Rp 327 Triliun, Salah Satu Terbesar dari Sumut

Potensi Zakat Indonesia Rp 327 Triliun, Salah Satu Terbesar dari Sumut
Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan  Rijaluddin Kurniawan (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Potensi zakat di Indonesia sebesar Rp 327 triliun, dan salah satu potensi terbesarnya dari Sumatera Utara (Sumut). Terutama zakat penghasilan, pertanian, perdagangan, dan tabungan.

Hal itu disampaikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Bidang Pengumpulan, Rijaluddin Kurniawan, saat bertolak dari Bandara Kualanamu, Minggu (20/8).

"Hal penting terus digali oleh seluruh pimpinan Baznas seluruh Sumut, bukan saja fokus ke ASN, tapi juga bagaimana mengembangkannya dari non ASN, baik dari segi pertanian, perdagangan, industri, serta zakatnya orang kaya yang ada di Sumut ini,” kata Rijaluddin.

Disoal zakat dari Sumut, menurutnya saat ini progresnya terus meningkat. “Tapi PR-nya adalah non ASN perlu terus ditingkatkan,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan, target zakat Baznas RI tahun 2023 untuk skala nasional Rp 33 triliun, sekarang masih Rp 20 triliun.

“Mudah-mudahan tercapai di sisa semester ini. Sedangkan kunjungan ke Medan dalam rangka menghadiri undangan Muktamar pelajar Muhammadiyah,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi