Angin Puting Beliung Porak-Poranda Rumah Warga dan Masjid di Sergai

Angin Puting Beliung Porak-Poranda Rumah Warga dan Masjid di Sergai
Angin Puting Beliung Porak-Poranda Rumah Warga dan Masjid di Sergai (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Sebanyak 133 unit rumah warga dan sebuah masjid yang berada di 5 kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) porak-poranda diterpa angin puting belung.

Peristiwa terpaan angin puting beliung yang dibarengi dengan turunnya hujan deras terjadi pada Selasa (22/8) sekitar pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai, Rabu (23/8), ratusan rumah warga dan masjid rusak berada di Kecamatan Sei Rampah, Tanjung Beringin, Bandar Khalipah, Tebing Tinggi, dan Tebing Syahbandar.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sergai, Frits Ueki Prapanca Damanik mengatakan, sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut. Sedangkan kerugian material diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Nek Misnik (62) warga Dusun V, Desa Pematang Pelintahan, Kecamatan Sei Rampah, mengatakan, rumahnya rata dengan tanah.

“Saat kejadian, saya di dalam rumah langsung ditarik paksa sama cucu, Riyan, untuk keluar rumah. Begitu keluar, rumah saya langsung ambruk,” ucapnya.

Mendapat infrormasi banyaknya rumah warga dan sebuah masjid yang rusak akibat diterjang angin puting beliung, Bupati Sergai, Darma Wijaya, langsung mencari solusi.

“Posko bencana sudah didirikan, saat ini tim di lapangan masih terus bekerja, baik mendata maupun menyalurkan bantuan sementara berupa sembako, ini semua cobaan,” katanya.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi