Era 90-an, PSDS Pernah Jadi ‘Pergunjingan’

Era 90-an, PSDS Pernah Jadi ‘Pergunjingan’
Ali Sadikin bersama Ketua Umum PSDS sekaligus Dirut PT Traktor Kuning Khairum Rijal (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Pantailabu - Dulu, era 90-an, orang kurang mengenal nama Kabupaten Deliserdang yang kini sudah berusia 77 tahun 1 Juli 2023 lalu. Namun masa itu, ada nama yang dikenal orang melalui dunia persepakbolaan nasional sebuah klub bernama “Persatuan Sepakbola Deliserdang” (PSDS) dikenal dengan julukan “Traktor Kuning”.

“Deliserdang (PSDS) saat itu, seingat saya 91-92 masuk 6 besar Perserikatan dan masuk pergunjingan yang luar biasa. Namanya, kalau gak salah Traktor, seragamnya kunig-kuning. Masih ada Pak?” ungkap mantan wartawan nasional Ali Sadikin yang kini menjabat Ketua Kick Andy Foundation saat berkunjung ke Deliserdang baru-baru ini.

Ia sempat menyinggung eksistensi PSDS era 90-an yang masuk 6 besar perserikatan bersama lawannya Persebaya, Persib Bandung, Persija, PSM Makasar dan menjadi ‘pergunjingan’ (pembicaraan) dan banyak pemainnya yang laris manis masuk skuad pemain nasional.

“Itu ternyata masih ada dalam ingatan saya. Masih ada gak ya tim hebat itu?” ungkap Sadikin dengan nada tanya kembali.

Ali Sadikin mengungkapkan, ingatannya kembali menerawang ke belakang tahun 90-an ketika ia masih menjadi wartawan salah satu media nasional yang meliput peristiwa olahraga khususnya sepak bola, ketika kakinya kembali menginjak Kabupaten Deliserdang menyalurkan sejumlah bantuan melalui Kick Andy Foundantion.

Ternyata dulu orang tidak banyak tahu tentang Kabupaten Deliserdang. Namun sebenarnya di kancah nasional orang lebih mengenal Deliserdang melalui PSDS yang mengharumkan daerah ini lewat lajur persepakbolaan nasional.

“Deliserdang itu di mana? Siapa Deliserdang itu? Apa Deliserdang itu? Satu kabupaten yang bisa masuk Perserikatan yang lawannya Persebaya, Persib Bandung, Persija, PSM Makasar, yang duitnya gak ada serinya Pak,” urai Ali Sadikin.

Dalam forum itu turut hadir Ketua Umum PSDS Khairum Rijal yang juga Direktur Utama PT Traktor Kuning dan langsung menimpali bahwa PSDS sampai kini masih tetap eksis dan kini sedang berlaga di Liga 2 bersama PSMS dan Sada Sumut FC.

“PSDS tetap ada dan eksis. Sekarang masuk ke Liga 2 bersama PSMS dan Sada Sumut dulu Karo United,” ungkap Khairum.

Bahkan PSDS akan bertanding melawan Semen Padang pada 10 September mendatang dan akan menjajal PSPS Riau pada 16 September dalam guliran Liga 2 yang sudah dimulai pada September 2023.

“Syukur Alhamdulillah, saya bukan promosi dan butuh doa dan dukungan masyarakat Deliserdang,” ucap Khairum.

Khairum juga memaparkan, bahwa dalam waktu dekat, karena PSDS milik Pemkab Deliserdang dan masyarakat yang pengurusnya juga banyak pejabat memiliki saham, maka dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar penggalangan dana dan diharapkan semua pihak bisa ikut serta mendukung.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi