Sambut Harhubnas 2023, Kadishub Sumut Pimpin Tabur Bunga di Perairan Belawan

Sambut Harhubnas 2023, Kadishub Sumut Pimpin Tabur Bunga di Perairan Belawan
Kadishub Sumut Pimpin Tabur Bunga di Perairan Belawan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Semarakkan Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang dirayakan tanggal 17 September setiap tahunnya, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara (Dishub Sumut) bersama unsur vertikal Kementerian Perhubungan di Sumut (sektor darat, laut dan udara) serta mitra kerja, menyelenggarakan kegiatan tabur bunga di Perairan Belawan.

Dalam apel pengarahan sebelum pelaksanaan kegiatan Tabur Bunga, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus Panjaitan menjelaskan, kegiatan tabur bunga ini merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan kepada para pahlawan pejuang bangsa yang yang telah gugur membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Diterangkannya, peringatan Harhubnas tahun 2023 yang mengusung tema “Melaju Untuk Transportasi Maju” dimeriahkan dengan berbagai event yakni pertandingan cabang olah raga (tenis meja, bulu tangkis, tarik tambang, bola volly, catur, futsal, gaplek), tabur bunga, bhakti sosial, donor darah, cek kesehatan gratis, seminar keselamatan transportasi, fun walk dan upacara bendera.

“Kegiatan ini telah dimulai sejak awal September dan hingga saat ini masih berlangsung,” katanya, Jumat (15/9).

“Kami sangat mengapresiasi antusias yang tinggi dari seluruh keluarga besar unsur perhubungan dan mitra, semua mengambil bagian dan berperan aktif dalam kegiatan peringatan Harhubnas tahun ini, semangat kebersamaan yang luar biasa,“ sambungnya.

Agustinus menambahkan, pada puncak Peringatan Harhubnas Tingkat Provinsi Sumut akan dilaksanakan kegiatan Fun Walk yang diikuti oleh Forkopimda Sumut bersama keluarga besar Unsur Perhubungan Sumut dan seluruh mitra kerja, serta OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut.

Puncak kegiatan Harhubnas 2023 akan ditutup dengan kegiatan Upacara Bendera yang akan diikuti oleh unsur Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten/Kota, unsur vertikal Kemenhub di Sumut, Operator Transportasi dan mitra kerja unsur perhubungan.

Upacara Harhubnas akan dilaksanakan di lapangan Astaka Jalan William Iskandar/ Jalan Pancing, dan dijadwalkan bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Pj. Gubernur Sumut, Hassanudin.

Agustinus berharap semangat kebersamaan yang telah dibangun selama ini, khususnya di antara keluarga besar unsur perhubungan di Sumut dapat terus dipertahankan, bahkan harus lebih ditingkatkan lagi.

“Saya yakin dengan semangat kebersamaan keluarga besar unsur Perhubungan di Sumut menjadi salah satu modal utama kita untuk bersinergi membangun sektor perhubungan sesuai dengan Tusi kita masing-masing,” ucapnya.

Disebutkannya, permasalahan di sektor transportasi di Sumut semakin kompleks dan berkembang sangat dinamis. Sebagai contoh di sektor transportasi darat/perkeretaapian saat ini dihadapkan pada permasalahan kemacetan, tingkat kecelakaan cukup yang tinggi, serta ODOL (over dimensinya dan over loading), kecelakaan di perlintasan sebidang dan belum optimalnya peran angkutan kereta api sebagai sarana mobilitas penumpang dan barang.

Demikian halnya di sektor transportasi penyeberangan, khususnya di Kawasan Danau Toba, walaupun jumlah sarana kapal dan jaringan lintas penyeberangan terus dikembangkan Pemerintah namun, masih belum signifikan mendorong jumnlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan pariwisata Danau Toba.

Demikian halnya di penyeberangan di Kepulauan Nias, saat ini masih dihadapkan pada load factor yang masih cukup rendah, dan tingginya biaya logistik yang memicu terjadinya inflasi.

Disisi lain, tambah Agustinus, Provinsi Sumut sebenarnya juga memiliki peluang pengembangan infrastruktur berupa simpul transportasi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah antara lain pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung, dan pengembangan Bandara Internasional Kualanamu sebagai pintu gerbang Provinsi Sumut.

“Tentunya kita harus dapat mengoptimalkan semua peluang yang ada, dengan mengoptimalkan sumber daya yang kita miliki,” ujarnya.

Untuk itu semangat Harhubnas tahun 2023 harus dijadikan sebagai titik tolak untuk bersama-sama mewujudkan transportasi yang selamat, lebih maju dan lebih baik di wilayah Sumut.

“Saya yakin dengan kerja sama yang sudah terjalin baik saat ini, antara Pemprov Sumut, instansi vertikal Kemenhub baik sektor darat, laut maupun udara (regulator), unsur BUMN sektor transportasi dan seluruh mitra kerja perhubungan (operator), dan masyarakat selaku pengguna jasa (user), maka apa yang kita cita-citakan bersama untuk mewujudkan transportasi yang lebih baik akan terwujud,” pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi