Personel Kodim 0208/AS Menerima Satu Pucuk Senpi dari Masyarakat

Personel Kodim 0208/AS Menerima Satu Pucuk Senpi dari Masyarakat
Pasi Intel Kodim 0208/AS, Kapten Kav Basri Lubis menerima satu pucuk senjata api jenis FC Sten Maek II 1940 Nomor 57508 dari masyarakat yang menemukan, Jumat (15/9). (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Personel Kodim 0208/AS menerima satu pucuk senjata api (senpi) jenis FC Sten Maek II 1940 Nomor 57508 peninggalan jaman Belanda, yang ditemukan masyarakat Pandi (53) warga Lingkungan II Perumahan perkebunan PT BSP Kelurahan Bunut Kecamatan Kisaran Barat.

Dandim 0208/AS Letkol Inf Muhammad Bassarewan melalui Pasi Intel Kapten Kav Basri Lubis mengatakan, bahwa menurut keterangan dari masyarakat yang menemukan senpi, sekitar seminggu lalu Pandi sedang mencari ikan di Sungai Bunut, saat itu dirinya sedang meraba-raba untuk mendapatkan Ikan di dalam sungai.

"Ketika Pandi menyentuh ada sebuah besi dan setelah diangkat besi tersebut merupakan senpi jenis FC Sten Gun Maek II 1940 dengan nomor senjata 57508," kata Kapten Kav Basri Lubis, Jumat (15/9).

Lebih lanjut Pasi Intel menerangkan, Pandi bersama rekannya Supadit (48) langsung mengambil inisiatif untuk melaporkan kepada anggota Staf Intel Kodim 0208/AS Koptu Bambang Suprayogo. "Kemudian Bambang Suprayogo ini melaporkan hal tersebut kepada saya, dan saya bersama anggota lainnya langsung ke lokasi untuk melihat senpi tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut Basri menerangkan, setelah sampai ke rumah Pandi dan melihat serta mengecek langsung senpi tersebut dan ternyata benar bahwa yang ditemukan itu adalah senjata api jaman penjajahan Belanda. "Setelah berbincang dengan Pandi, akhirnya senjata api itu diserahkannya kepada kami hari ini untuk diamankan," ujarnya.

Penyerahan senpi yang diberikan Pandi kepada Kodim 0208/AS merupakan kepercayaan masyarakat kepada TNI. "Dengan diserahkannya senpi ini kepada kami, artinya ini bentuk kepercayaan masyarakat terhadap TNI khususnya personel Kodim 0208/AS," ujarnya.

Selanjutnya senpi yang diterima Kodim 0208/AS untuk diamankan atau saat ini disimpan ditempat yang tidak bisa dijangkau masyarakat umum dan berkordinasi dengan Pangdam I/BB.

"Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan pimpinan, kami juga berharap kepada masyarakat khususnya masyarakat Asahan kalau ada menemukan sesuatu seperti senjata api atau barang-barang yang membahayakan agar berkoordinasi dengan Danramil atau Kodim 0208/AS," harapnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi