Sidak, Dirlantas Polda Sumut Patikan Kemudahan Masyarakat Urus SIM

Sidak, Dirlantas Polda Sumut Patikan Kemudahan Masyarakat Urus SIM
Sidak, Dirlantas Polda Sumut Patikan Kemudahan Masyarakat Urus SIM (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Dalam rangka meninjau pelayanan Satuan Penyelenggaran Administrasi Sim atau Satpas, Direktoran Lalu Lintas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Muji Ediyanto, melakukan inspeksi mendadak atau sidak di Polresta Deliserdang, Senin (18/9).

Satu per satu ruang atau loket pelayanan permohonan SIM dikunjungi. Kombes Muji juga turut langsung menyapa warga yang sedang mengajukan permohonan SIM.

"Kunjungan ini guna memastikan proses pelayanan sesuai SOP, biaya administrasi, serta tata cara pembuatan SIM baik A, C, maupun B1 dalam koridor yang sepatutnya," kata Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto.

Muji menambahkan, saat ini proses pembuatan SIM sudah baik, mulai dari waktu penerbitan, imbauan-imbauan tata cara penerbitan SIM. Semuanya terpampang setiap sudut ruangan Satlantas Polresta Deliserdang.

"Kita sudah melihat langsung seluruh proses penerbitan SIM, segala imbauan dan arahan untuk masyarakat tertera pada tiap-tiap sudut ruangan. Untuk waktunya juga cepat, setidaknya setelah melewati ujian praktik maupun teori pemohonan hanya berlangsung lebih kurang 1 jam," terangnya.

Sementara itu, untuk pemohon yang gagal dalam ujian praktik, dapat langsung mengulang kembali ujian setelah mendapat pengarahan bimbingan belajar dari petugas Satpas.

"Bagi yang gagal dalam ujian praktik, langsung kita lakukan ujian ulang di hari yang sama setelah mendapat bimbingan belajar sampai lulus melewati ujian praktik, tanpa harus menunggu 2 minggu ke depan," tegas mantan Dirlantas Polda Aceh ini.

Selain meninjau proses pelaksanaan penerbitan SIM, Dirlantas juga berpesan kepada masyarakat agar jangan ragu untuk membuat SIM baik A, C, maupun B1.

"Saya berharap kepada masyarakat khususnya warga Sumut untuk tidak ragu maupun takut agar membuat SIM, jangan juga melalui calo, karena petugas kita senantiasa menuntun dan mengarahkan warga dalam tiap-tiap prosesnya," pungkas Dirlantas.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi