Jepang Akan Berikan Bantuan Kemanusiaan Tambahan untuk Palestina

Jepang Akan Berikan Bantuan Kemanusiaan Tambahan untuk Palestina
Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa tiba untuk pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Senin, 18 September 2023, di New York (Julia Nikhinson/Pool via Reuters/File Photo)

Analisadaily.com, Tokyo - Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa, mengatakan mereka akan memberikan bantuan kemanusiaan tambahan sebesar $65 juta kepada Palestina karena kekhawatiran atas konflik di Gaza.

Berbicara kepada wartawan, Jumat (3/11) di Yordania setelah bertemu Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen dan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, Kamikawa menyampaikan Jepang berencana memberikan bantuan material ke Gaza yang dilanda perang.

“Penting bagi Israel dan Palestina untuk dapat hidup berdampingan secara damai untuk mencegah terulangnya tindakan terorisme tragis lainnya,” kata Kamikawa dilansir dari Reuters, Sabtu (4/11).

Kamikawa menambahkan dia telah mengomunikasikan dukungan berkelanjutan Jepang terhadap solusi dua negara terhadap Cohen dan Maliki. .

Kunjungan ini dilakukan beberapa hari sebelum Jepang akan menjadi tuan rumah bagi para menteri luar negeri dari negara-negara maju Kelompok Tujuh (G7) di Tokyo ketika krisis di Gaza semakin parah. Israel menolak seruan untuk jeda kemanusiaan dan pemimpin kelompok Hizbullah di Lebanon yang didukung Iran memperingatkan akan hal tersebut, konflik meluas ke wilayah tetangga.

Kamikawa menahan diri untuk tidak mengomentari apakah serangan Israel terhadap Gaza berada dalam batasan hukum internasional, namun mengatakan bahwa para pelaku harus mematuhi semangat melindungi hak asasi manusia dan tidak menyebabkan kematian warga sipil yang tidak perlu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi