Dolly Pasaribu: Keabaian Pengendara Penyebab Laka Lantas

Dolly Pasaribu: Keabaian Pengendara Penyebab Laka Lantas
Bupati Dolly Pasaribu berdialog dengan para pelajar disela acara sosialisasi keselamatan berlalu lintas (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Batangtoru - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu mengatakan, keabaian pengendara merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan berlalulintas.

"Untuk itu, jagalah diri, patuhi aturan lalulintas," imbuhnya saat Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas bagi Pelajar SLTA Sederajat di Aula Kantor Camat Batangtoru pada Jumat (1/12).

Menurutnya, keselamatan berlalulintas merupakan sikap perilaku wajib bagi pengendara untuk menciptakan tertib dan aman akan berkendara.

"Acara ini, kesempatan bagi kita untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas yang tentunya sangat relevan dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Lebih lanjut Dolly menilai, dengan adanya sosialisasi ini, semua akan menjadi lebih paham dan sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalulintas khususnya para siswa-siswi yang masih pemula dalam berkendara di jalan.

"Kepada adik-adik pastikan mempunyai dan membawa surat kelengkapan berkendara, kelayakan kendaraan, dan melakukan servis berkala, kelengkapan surat dan selalu memakai helm yang Standar Nasional Indonesia (SNI)," imbuhnya.

Kadis Perhubungan Tapsel, Ilham Suhardi, menjelaskan maksud pelaksanaan sosialisasi itu untuk memberikan pemahaman tentang aturan berlalulintas kepada kepada remaja usia sekolah atau pengendara pemula khusunya pelajar tingkat SMA/SMK/sederajat di Kecamatan Batangtoru dan Angkola Barat.

Ditambahkan, pelaksanaan sosialisasi itu dilaksanakan secara berpriodik setiap tahunnya, dengan narasumber Kasat Lantas Polres Tapsel, Jasa Raharja Padangsidimpuan dan Organisasi Angkutan Darat (Organda).

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi