Grup ANJ Kembali Raih Proper Emas dan Hijau dari KLHK

Grup ANJ Kembali Raih Proper Emas dan Hijau dari KLHK
Grup ANJ Kembali Raih Proper Emas dan Hijau dari KLHK (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Austindo Nusantara Jaya (ANJ) kembali menorehkan prestasi pada pengujung 2023 dengan meraih dua PROPER Emas, penghargaan tertinggi pengelolaan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melalui dua anak perusahaannya, Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) dan Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA).

PROPER Emas diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (20/12). Penghargaan PROPER Emas ini adalah yang keempat kalinya diraih secara berturut-turut oleh SMM dan ketiga kalinya secara berturut-turut oleh ANJA.

Selain itu, dua anak perusahaan ANJ lainnya pada tahun ini juga berhasil meraih PROPER Hijau untuk kedua kalinya, yaitu Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS) dan Kayung Agro Lestari (KAL).

“Proper sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi industri terhadap peraturan lingkungan hidup,” ucap Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin saat menyerahkan Anugerah Proper 2023.

Selain menjaga kelestarian lingkungan, Grup ANJ juga berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi sosial. Inovasi-inovasi tersebut bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, menurunkan kemiskinan, meningkatkan kesetaraan gender, dan mendorong sistem pangan yang sehat dan berkelanjutan. Inovasi sosial ini telah menjadi program unggulan dalam penilaian PROPER tahun 2023 bagi SMM dan ANJA.

Selain berhasil meraih PROPER Emas dan Hijau Direktur Utama ANJ, Lucas Kurniawan, juga menerima penghargaan Green Leadership Utama dari KLHK. Penghargaan ini diberikan kepada pemimpin perusahaan yang dinilai berhasil dalam menerapkan kebijakan dan program lingkungan yang berkelanjutan.

Tema Green Leadership tahun ini adalah Extraordinary Turnaround yang menjelaskan lima lompatan untuk menjaga kelangsungan bumi dan manusia, yaitu Pengentasan Kemiskinan, Pengurangan Kesenjangan, Pemberdayaan Perempuan, Sistem Pangan yang sehat untuk manusia dan ekosistem, serta mengubah Sistem Energi untuk meningkatkan efisiensi dan transisi menuju energi bersih.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi