Arus Balik Nataru, Penumpang Pesawat Padati Bandara Kualanamu

Arus Balik Nataru, Penumpang Pesawat Padati Bandara Kualanamu
Penumpang Pesawat Padati Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Pergerakan arus balik Natal dan Tahun Baru (2023/2024) atau Nataru via Bandara Kualanamu dipadati penumpang.

Terpantau di pintu pemeriksaan Security Chekpoin (SCP) lantai II, di chek in tiket berbagai maskapai, antrean penumpang untuk menuggu proses pemeriksaan badan, serta barang bawaan bagasi dan chek in tiket ramai.

Sementara petugas keamanan baik dari Avsec di back up TNI/Polri serta intansi terkait, termasuk Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Medan serta stakeholder di Bandara Kualanamu terus meningkatkan pengawasan demi kenyamanan dan kelancaran arus balik Nataru.

Humas PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Bandara Kualanamu, Yuliana Balqis, yang dikonfirmasi, Selasa (2/1) mengaku ada peningkatan arus balik Nataru sejak Senin, 1 Januari 2024.

"Kemungkinan ada peningkatan hingga minggu depan pada arus balik Nataru ini,” ucapnya, Selasa (2/1).

Sedangkan data arus balik Nataru per 1 Januari 2024, tercatat,19.740 penumpang. Kedatangan sebanyak 9.537 penumpang. Untuk keberangkatan 10.203 penumpang. Sementara penerbangan sebanyak 147 pergerakan datang dan pergi.

Kepala Kantor Otoritas Bandara (Ka Otban) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, mengimbau kepada masyarakat yang hendak pulang arus balik mudik liburan Nataru kalau bisa pulang dengan cara menyebar, artinya jangan pulang serentak di tanggal 2 Januari 2024.

Pasalnya, akan terjadi penumpukan puncak arus balik mudik Nataru di hari tersebut. Sokhib yang membawahi 33 Bandara Udara, di 4 wilayah provinsi, yakni Aceh, Sumut, Riau, dan Kepri, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna jasa transportasi udara, khususnya di Bandara Kualanamu.

Hal itu dikarenakan sejak dibuka Posko Nataru sejak 18 Desember 2023, masyarakat atau penumpang bisa melaksanakan angkutan secara tertib disiplin dan tidak ada hal-hal kejadian menonjol.

“Ini tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi