Posko Nataru di Bandara Kualanamu Ditutup, Ada Penurunan Jumlah Penumpang

Posko Nataru di Bandara Kualanamu Ditutup, Ada Penurunan Jumlah Penumpang
Dir Operasi Heriyanto Wibowo (tengah) saat meninjau pelayanan barang bagasi di Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Bandara Kualanamu ditutup. Meski demikian, secara pengawasan terus dilakukan hingga akhir minggu ini.

Hal itu dilakukan melihat warga yang liburan Nataru pulangnya diprediksi berlangsung hingga Minggu, 7 Januari 2024.

"Posko Nataru mungkin hari ini terakhir, tetapi terus dilakukan antisipasi sampai hari Minggu nanti, sebab arus balik Nataru ini diprediksi sampai hari tersebut," kataata Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Heriyanto Wibowo, saat melakukan peninjauan terminal, Kamis (4/1).

Kata dia, jumlah penumpang pesawat via Bandara Kualanamu selama Nataru 2023/2024 belum direkap secara menyeluruh. Namun yang jelas menurutnya ada penurunan jika dibandingkan Nataru 2022/2023, yakni minus 4 persen.

Sebab, lanjutnya, per Rabu (3/12) penumpang yang dilayani di Bandara Kualanamu sekitar 339.957 penumpang.

“Kalau pesawat malah minus 9 persen jika dibandingkan tahun lalu. Jadi kalau kami melihat penyebabnya ini mungkin lebih kepada sebaran libur Nataru yang cukup panjang. Karena kami melihat posko sudah berakhir per hari ini, tapi peningkatan masih diasumsikan sampai terjadi akhir pekan ini. Kemudian penerbangan kita tidak menambah secara signifikan kalau bicara penerbangan,” terangnya.

“Jadi walaupun jumlah penumpang penerbangan kursi (seat) penuh tetapi penerbangan tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sebab peningkatan penerbangan itu seiring dengan pertumbuhan penerbangannya,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan, sejauh pelaksanaan posko Nataru tidak ada kendala yang berarti. Kendati pun ada, lebih kepada kondisi cuaca, termasuk hujan, mendung dan lainnya, tetapi tetap bisa ditanggulangi dengan baik bersama stakeholder yang ada di Bandara Kualanamu.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi