Sejarah Timnas Indonesia di Piala Asia Tercipta

Sejarah Timnas Indonesia di Piala Asia Tercipta
Timnas Indonesia. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Qatar - Tim Merah Putih untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia sejak pertama kali mentas di ajang ini tahun 1996 setelah hasil imbang antara Oman vs Kirgistan pada laga terakhir Grup F pada Kamis (25/1) malam WIB.

Oman mampu unggul lebih dulu dalam laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Oman membuka skor 1-0 melalui gol Muhsen Al-Ghassani pada menit kedelapan. Kirgistan tidak menyerah dan kerja keras mereka terbayar pada menit ke-80. Skor pun menjadi 1-1.

Hasil imbang di laga Oman vs Kirgistan membuat tim Garuda mengamankan tiket terakhir dari jalur peringkat ketiga terbaik. Tim asuhan Shin Tae Yong berhak lolos karena unggul poin atas Oman yang menempati posisi kelima klasemen tim peringkat ketiga terbaik.

Timnas Indonesia mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan sedangkan Oman hanya punya dua poin buntut hasil imbang kontra Kirgistan. Indonesia lolos bersama tiga tim peringkat ketiga terbaik lainnya yakni Yordania, Palestina, dan Suriah.

Hasil ini juga membuat Timnas Indonesia mencetak sejarah. Di empat edisi sebelumnya, langkah Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup. Hal itu terjadi pada partisipasi Piala Asia tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi