Pembangunan Bandara AH Nasution di Bukit Malintang Madina Capai 90%

Pembangunan Bandara AH Nasution di Bukit Malintang Madina Capai 90%
Pj Gubernur Sumut Hassanudin meninjau progres pembangunan Bandara AH Nasution, Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (31/1/2024) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Madina - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meninjau pembangunan Bandar Udara (Bandara) AH Nasution di Kecamatan Bukit Malintang, Mandailing Natal (Madina). Bandara ini diharapkan segera beroperasi dan dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Progress pembangunannya saat ini sudah mencapai 90% dan diperkirakan selesai pada Februari mendatang.

“Akhir bulan Februari selesai, setelah ini diresmikan, kita harapkan paling lambat awal April sudah operasional,” kata Hassanudin, usai peninjauan Bandara AH Nasution di Desa Sidojadi, Kecamatan Bukit Malintang, Madina, Rabu (31/1).

Setelah selesai dan bisa diperasikan, Hassanudin mengharapkan bandara tersebut dapat menambah konektivitas wilayah Tapanuli Bagian Selatan, khususnya Madina. Dengan begitu jalur distribusi bertambah dan perekonomian pun meningkat.

“Bandara ini kita harapkan dapat membuka konektivitas baru di kawasan ini, tentunya ini akan membuka potensi perekonomian baru untuk Sumut, khususnya wilayah Tapanuli Bagian Selatan,” kata Hassanudin.

Tidak hanya digunakan masyarakat Sumut, masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) juga bisa memanfaatkan transportasi udara lewat Bandara AH Nasution, karena terletak di perbatasan langsung Madina dengan Pasaman, Sumbar.

Sementara itu, Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Nasution juga mengharapkan hal yang sama. Ia mengharapkan masyarakat menggunakan transportasi udara tersebut.

“Kita sama-sama menggunakan jasa transportasi ini, ini untuk pelayanan yang lebih dekat pada masyarakat, harapannya memberikan efek positif pada perkembangan ekonomi regional,” kata Atika.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tripriyono, Kepala Bappelitbang Sumut Hasmirizal Lubis, Kepala BKAD Sumut Ismael Sinaga, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yuliani Siregar.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Faisal Arif Nasution, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan M Zakir Syarif Daulay dan kepala organisasi perangkat daerah Pemprov Sumut lainnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi