Puncak Perayaan Cap Go Meh Methodist Binjai Meriah

Puncak Perayaan Cap Go Meh Methodist Binjai Meriah
Puncak Perayaan Cap Go Meh Methodist Binjai (Analisadaily/Wardika Aryandi)

Analisadaily.com, Binjai - Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, menghadiri pentas seni dan budaya memeriahkan puncak perayaan Cap Go Meh 2575 Kongzili yang diselenggarakan Keluarga Besar Perguruan Kristen Methodist Indonesia (PKMI) Kota Binjai di gedung yayasan pendidikan terkait, Sabtu (24/2) malam.

Acara ini sendiri dimeriahkan dengan berbagai lomba dan pertunjukan kesenian oleh para pelajar PKMI Kota Binjai, seperti menyanyi, menari, dan memainkan alat musik tradisional Tionghoa dan Nusantara. Bahkan berbagai pernak-pernik khas Imlek dan tradisi makan bersama, turut menambah semarak perayaan Cap Go Meh.

Dalam sambutannya, Amir Hamzah mengucapkan selamat merayakan Imlek dan Cap Go Meh 2575 Kongzili bagi masyarakat Tionghoa Kota Binjai dan terkhusus kepada Keluarga Besar PKMI Kota Binjai. Dia berharap, perayaan Cap Go Meh mampu memberikan kedamaian, kebahagian, dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Tionghoa di Kota Binjai.

"Mari kita jadikan momentum perayaan Imlek dan Cap Go Meh sebagai sarana meningkatkan kerukunan, kebersamaan, dan harmonisasi antar etnis maupun antar umat beragama di Kota Binjai. Apalagi masyarakat Kota Binjai dikenal sebagai masyarakat yang multietnis," seru Amir Hamzah.

Lebih jauh dia juga mengimbau masyarakat Tionghoa Kota Binjai untuk lebih menyemarakkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh pada tahun depan, terutama dengan menggelar berbagai kegiatan dan festival seni budaya, serta menghiasi setiap rumah dengan pernak-pernik khas Imlek.

"Terus terang saya senang, haru, dan bangga. Sebab semarak perayaan Imlek dan Cap Go Meh saat ini di Kota Binjai semakin meriah. Ini ditandai dengan meningkatnya intensitas kegiatan seni budaya khas Tionghoa, serta wajah Kota Binjai yang semakin indah dengan pernak-pernik Imlek dan lampion," ujar Amir Hamzah.

Perwakilan Pengurus Yayasan Methodist Indonesia Kota Binjai, Hendy Rahalim, mengatakan, Cap Go Meh adalah puncak perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh setiap tanggal 15 di bulan pertama penanggalan Tionghoa. Perayaan ini pada hakikatnya merupakan bentuk rasa syukur, harapan, dan rasa sukacita masyarakat Tionghoa atas berakhirnya musim dingin dan dimulainya musim semi.

Menurut Hendy, pentas seni budaya memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2575 Kongzili digelar sebagai upaya melestarikan tradisi dan memperkenalkan seni budaya Tionghoa kepada para peserta didik.

Melalui kegiatan ini dia berharap, para generasi muda Tionghoa di Kota Binjai dapat mengenal, mempelajari, dan melestarikan berbagai tradisi dan seni budaya Tionghoa, sekaligus menumbuhkembangkan semangat toleransi, kebersamaan, kerukunan dan harmonisasi antar etnis dan antar umat beragama di Kota Binjai.

"Kami ucapkan terima kasih kepada unsur pengurus yayasan, pimpinan perguruan, para guru dan orangtua murid, jajaran panitia pelaksana, serta seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan pentas seni budaya dalam rangka memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2575 Kongzili," ungkapnya.

(WA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi