Bertambah 2, Kini Sudah Ada 17 Prodi di IAKN Tarutung

Bertambah 2, Kini Sudah Ada 17 Prodi di IAKN Tarutung
IAKN Tarutung launching 2 Program Stud (Prodi) baru (Analisadaily/Emvawari Candra Sirait)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung melaunching 2 Program Studi (Prodi) baru, yakni Prodi Sarjana Strata 1 (S1) Statistika dan Prodi S1 Teknologi Informasi, di Aula Kampus II IAKN, Jalan Raya Tarutung-Siborongborong Silangkitang, Selasa (5/3).

Rektor IAKN Tarutung, Prof Albiner Siagian mengatakan, dengan bertambahnya 2 Prodi ini maka total saat ini ada sebanyak 17 Prodi yang ada di IAKN Tarutung.

"Saat ini ada 15 Prodi kita, maka dengan bertambahnya 2 Prodi yang baru ini, maka kita akan memiliki 17 Prodi," katanya.

Pihaknya mengajak adik-adik siswa/i SLTA sederajat yang ingin melanjut keperguruan tinggi agar bisa bergabung di IAKN Tarutung.

"Bagi yang berminat di Statistika silakan bergabung, begitu juga yang berminat pada Teknologi Informasi silakan bergabung," ucapnya.

Albiner mengaku awalnya pihaknya mengusulkan 3 Prodi sekaligus kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Namun yang masih terealisasi baru Prodi Statistika dan Teknologi Informasi, sedangkan Ilmu Komputer masih dalam proses," sebutnya.

Ketua Tim Fasilitas Peningkatan Mutu Pendidikan Akademik dan Profesi LLDikti wilayah I Sumut, Faizah Bt. Johan Alam Shah, mengucapkan selamat kepada IAKN Tarutung yang telah berhasil membuka 2 Prodi baru.

"Kiranya dengan hadirnya kedua Prodi ini, para mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan yang mendalam dalam hal keterampilan dan pemahaman mendalam analisis data, informasi, pengambilan keputusan serta metodologi penelitian yang berkualitas," katanya.

Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Kristen Kementerian Agama yang diwakili Sudirman Simanihuruk mengatakan, pihaknya menyambut baik lahirnya 2 Prodi baru di IAKN Tarutung. Bertambahnya 2 Prodi ini diharapkan dapat memperluas akses pendidikan bagi masyarakat.

"Di samping itu IAKN Tarutung juga ke depan bisa berproses transformasi ke universitas yang tentu akan kami dorong," pungkasnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi