Kota Stabat Raih Piala Adipura Tahun 2023

Kota Stabat Raih Piala Adipura Tahun 2023
Pj Bupati Langkat M. Faisal Hasrimy dan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat Muhammad Harmain, memegang Piala Adipura Tahun 2023 di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (5/3) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Stabat - Kota Stabat, Kabupaten Langkat, meraih Penghargaan Piala Adipura Tahun 2023 di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan, Program Adipura merupakan instruksi penting, karena salah satu katalisator untuk kabupaten/kota agar menjalankan program lingkungan yang berkelanjutan.

"Jaga kegiatan ini, karena ini sangat baik untuk menuju Indonesia Nol Emisi di 2050," kata Siti, Selasa (5/3).

Siti juga menyampaikan di depan bupati dan wali kota yang berhadir untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota mengolah sampah dari hulu ke hilir.

"Dengan menimbangkan aspek lingkungan, ekonomi dan kesehatan dalam memenuhi zero waste zero accident," ungkapnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, yang hadir dalam Penganugerahan Piala Adipura tersebut, mengajak untuk mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

"Ini harus diperkaya dengan beragam inovasi sehingga mampu mengikuti dinamika perkembangan zaman," ujarnya.

Ma’ruf Amin juga mengingatkan bahwa isu pengolahan sampah menjadi perhatian utama Pemerintah Republik Indonesia.

Pj Bupati Langkat, M. Faisal Hasrimy usai, menerima penghargaan tersebut menyampaikan ini sebuah prestasi luar biasa yang harus terus dipertahankan.

"Saya sangat bangga atas penghargaan tersebut, dan semoga ini bisa dipertahankan bahkan harus lebih meningkatkan lagi agar kedepannya anugerah kencana di tangan kita," ujar Faisal.

Terpisah, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Langkat, Muhammad Harmain, menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi atas penghargaan ini.

"Penghargaan yang diraih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Langkat dan masyarakatnya yang tertib serta ditambah lagi berkat kerja keras semua pihak dan seluruh pasukan kuning yakni pegawai Dinas Lingkungan Hidup," pungkas Harmain.

Piala Adipura merupakan penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil menunjukkan komitmen dan usaha nyata dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

KLHK juga memberikan penganugerahan Adipura tahun 2023 untuk 4 kota anugerah kencana diberikan kepada Kota Metropolitan diberikan kepada Surabaya, Kota Besar diberikan kepada Balikpapan, Kota Sedang diberikan kepada Kota Bitung, dan Kota Kecil diberikan kepada Ciamis, sedangkan penghargaan Adipura diberikan kepada 106 kabupaten/kota se-Indonesia.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi