420 Pesawat Disiapkan Melayani Angkutan Lebaran 2024

420 Pesawat Disiapkan Melayani Angkutan Lebaran 2024
Ka Otban Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman bersama Dirop PT AVI Kualanamu, Heriyanto Wibowo (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Sebanyak 420 pesawat komersil disiapkan untuk melayani Angkutan Lebaran 1445 Hijriah/2024 di seluruh Indonesia.

"Dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sampai hari ini total peswat penumpang yang akan melayani kegiatan Angkutan Lebaran kurang lebih 420 pesawat udara untuk seluruh Indonesia," kata Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sabtu (16/3).

Kata dia, dengan jumlah tersebut mudah-mudahan dapat melayani dan menampung pergerakan masyarakat yang akan melakukan arus mudik Lebaran tahun 2024.

Kemudian, kata Sokhib, khusus di Bandara Kualanamu bersama stakeholder yang ada, baik Angkasa Pura Aviasi (AVI) sebagai pengelola bandara, AirNav, pihak airlines, dan lainnya siap menghadapi Angkutan Lebaran 2024.

“Apalagi dengan tegline 'Selamanya', yaitu Selamat, Aman, dan Nyaman,” ujarnya.

Disoal pembukaan Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara Kualanamu, Sokhib menjelaskan, akan dibuka selama kurang lebih 16 hari, mulai tanggal 3 hingga 18 April 2024.

Di posko ini nantinya berbagai unsur stakeholder juga terlibat didalamnya. Dan posko ini nantinya akan memberikan pelayanan terbaik kepada penggunaan penerbangan melalui Bandara Kualanamu.

"Jadi di posko itu nanti kolaborasi, ada dari Otban, PT AVI, KKP, dan TNI, Polri, serta lainnya. Harapannya sinergitas dalam menghadapi Angkutan Lebaran tahun ini," terangnya.

Diperkirakan puncak arus mudik Lebaran diprediksi jatuh pada Sabtu, 6 April 2024. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi di Senin, 15 April 2024.

“Maka dari itu kami dari Direktorat jenderal Perhubungan Udara,mencanangkan 51 bandara yang dijadikan pemantauan Posko lebaran, 16 diantaranya kapasitas Bandara Internasional,” terangnya.

Bandara Kualanamu sendiri dari Otban Wilayah II Medan memantau 6 bandara, pertama bandara di Banda Aceh, Kualanamu, Deliserdang, Silangit, Pekanbaru, Batam, dan Tanjung Pinang.

“Ini dengan asumsi terjadi lonjakan dan permintaan penambahan penerbangan,” ujarnya.

“Sementara proyeksi penambahan penerbangan yang ada sekarang, kami perkiraan ada penambahan sekitar 2,2 persen,” sambungnya.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi (AVI), Heriyanto Wibowo, di kesempatan yang sama, menjelaskan, pada perinsipnya pihaknya sudah siap menghadapi Angkutan Lebaran tahun 2024.

"Yang jelas PT AVI siap menghadapi angkutan lebaran tahun 2024 dari Bandara Kualanamu, baik kedatangan dan kepulangan," terangnya.

Untuk saat ini AVI sudah melakukan pemastian kualitas bandara, baik itu aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan sudah dilakukan, bekerja sama dengan regulator dengan hal ini Otoritas Bandara Wilayah II.

“Kemudian saat ini juga kita sedang intens melakukan koordinasi dengan unit terkait untuk membuat sebuah rencana yang lebih detail masa Angkutan Lebaran ini. Karena diprediksi seperti lazimnya hari libur yang lain akan terjadi lonjakan makanya ini yang perlu diantisipasi,” sebut Heriyanto.

“Maka kami melihat dengan trend pergerakan penumpang yang terus cenderung naik kami juga prediksi pergerakan penumpang Angkutan Lebaran tahun ini akan meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya,” sambungnya.

“Tetapi untuk angka detailnya kami sedang matangkan dan dihitung untuk lebih pastinya. Intinya untuk tahun 2024 ini Bandara Kualanamu siap menghadapi Angkutan Lebaran yang lebih baik lagi," tandasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi