Subholding Pelindo Multi Terminal Branch Malahayati & Lhokseumawe Tingkatkan Layanan dan Serahkan Bantuan Pelindo Berbagi Ramadhan

Subholding Pelindo Multi Terminal Branch Malahayati & Lhokseumawe Tingkatkan Layanan dan Serahkan Bantuan Pelindo Berbagi Ramadhan
Subholding Pelindo Multi Terminal Branch Malahayati & Lhokseumawe Tingkatkan Layanan dan Serahkan Bantuan Pelindo Berbagi Ramadhan (Istimewa/Analisadaily)

Analisadaily.com, Malahayati - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bisnisnya bergerak dalam segmen kepalabuhanan di bidang operasional terminal nonpetikemas saat ini mengelola 32 cabang yang sebagian dikelola oleh Anak Perusahaannya yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT), dan PT Terminal Curah Utama yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

SPMT terus membenahi kinerjanya di seluruh branch dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa, tak terkecuali branch SPMT yang terletak di wilayah barat Indonesia yakni Malahayati dan Lhokseumawe. Branch Malahayati dan Lhokseumawe resmi dioperasikan SPMT terhitung sejak 1 Agustus 2023.

Semenjak 2024, sampai dengan Februari ini, SPMT Branch Malahayati melayani arus muatan barang 75.587 ton curah kering, 1.700 ton curah cair, 2.694 ton bag cargo, serta 1.923 TEUs (twenty-foot equivalent unit) petikemas.

Sementara itu, SPMT Branch Lhokseumawe di tahun 2024 sampai dengan Februari ini melayani muatan bag cargo dan general cargo sebanyak 23.486 ton/m3, curah cair sebesar 4.933 ton, curah kering sebesar 43.710 ton, dan peti kemas sebanyak 1.087 TEUs.

“SPMT mulai mengoperasikan Branch Malahayati dan Lhokseumawe pada 1 Agustus 2024 dan kami terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek baik itu operasi, komersial, HSSE, maupun SDM agar pengoperasian pelabuhan dapat berjalan efektif dan efisien serta mampu memberikan nilai tambah bagi para stakeholders,” ujar Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto dalam kegiatan kunjungan kerja Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto ke Pelabuhan Malahayati pada Rabu (20/3).

Sejalan dengan komitmen SPMT dalam menghadirkan layanan operasional dan komersial yang unggul, SPMT terus melakukan transformasi di seluruh pelabuhan yang dimulai dari tahap standarisasi, sistemisasi, serta integrasi. Sampai dengan saat ini SPMT sudah melakukan transformasi di 25 cabangnya dan akan terus dilanjutkan pada tahun 2024 ini. Branch Malahayati dan Lhokseumawe juga diproyeksikan akan dilakukan transformasi pada tahun ini dengan mengacu pada enam pilar yakni proses bisnis, SDM, teknologi, peralatan, infrastruktur, dan HSSE.

“SPMT akan terus melakukan transformasi di seluruh pelabuhan yang dikelolanya, salah satunya yaitu Malahayati dan Lhokseumawe. Proses transformasi ini bertujuan untuk melakukan standarisasi seluruh pelabuhan yang dikelola di seluruh Indonesia. Transformasi ini juga akan berdampak pada perbaikan proses yang dapat meningkatkan produktivitas pelabuhan serta penurunan port stay dan cargo stay yang signifikan,” tambah Edi Priyanto.

Dalam mendukung proses transformasi yang dijalankan, SPMT juga akan mengimplementasikan sistem operasi pelabuhan multi terminal yang terintegrasi, PTOS-M (Pelindo Terminal Operating System Multipurpose) di kedua branch tersebut. PTOS-M memiliki fitur yang memberikan kemudahan layanan seperti online booking request, operation planning, storage inventory, serta control & monitoring, dan semua ini termuat dalam arsitektur PTOS-M yang terintegrasi dengan sistem-sistem lain seperti customer portal, sistem layanan kapal, dan sistem layanan keuangan.

Edi Priyanto menegaskan, proses transformasi pelabuhan juga didukung dengan upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM melalui pelatihan, workshop, dan sertifikasi bagi pekerja SPMT.

Dalam kunjungan kerja tersebut, untuk mewujudkan rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama di bulan Ramadhan, melalui Program Pelindo Berbagi Ramadhan Tahun 2024, SPMT menyalurkan bantuan santunan anak yatim, berbagi takjil, dan sembako gratis.

SPMT Branch Malahayati menyalurkan bantuan 150 paket sembako dengan nilai harga Rp 150.00,- untuk masing-masing paket yang dibagikan kepada para TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) di pelabuhan, santunan untuk 50 anak yatim yang senilai Rp 300.000,- per anak, serta 300 paket takjil.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto serta didampingi Direktur SDM SPMT Edi Priyanto, Executive Director 1 pada Pelindo Regional 1 Ichwal Fauzi Harahap, dan Branch Manager SPMT Branch Malahayati Agust Deritanto dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Malahayati kepada perwakilan TKBM dan anak yatim.

“Sebagai wujud rasa syukur, melalui Program Pelindo Berbagi Ramadhan, SPMT menyalurkan bantuan paket sembako, santunan anak yatim, serta bantuan takjil yang didistribusikan kepada TKBM dan anak yatim yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Malahayati. Program ini sebagai wujud kepedulian SPMT Group yang sejalan dengan komitmen Perusahaan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja SPMT,” ujar Edi.

Ditambahkan VP Komunikasi Korporasi dan Protokoler SPMT, Farid Chairmawan bahwa penyaluran bantuan tidak hanya dilaksanakan di Branch Malahayati saja, namun juga akan dilakukan di Lhokseumawe.

“Program Pelindo Berbagi Ramadhan ini dilaksanakan di seluruh wilayah kerja SPMT Group, tidak terkecuali Branch Lhokseumawe. Branch Lhokseumawe akan menyalurkan bantuan 150 paket sembako, memberikan santunan kepada 50 anak yatim, serta membagikan 300 paket takjil yang akan dibagikan kepada TKBM dan anak yatim yang berada di sekitar wilayah Pelabuhan Lhoseumawe pada Jumat (22/03),” tambah Farid yang turut dalam kunjungan kerja tersebut.*

(JW/DEL)

Baca Juga

Rekomendasi