KAI Bandara Siapkan 551.936 Tempat Duduk Selama Angkutan Lebaran 2024

KAI Bandara Siapkan 551.936 Tempat Duduk Selama Angkutan Lebaran 2024
KAI Bandara Siapkan 551.936 Tempat Duduk Selama Angkutan Lebaran 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Masa Angkutan Lebaran 2024 semakin dekat. Momentum masyarakat Indonesia dalam merayakan hari raya Idulfitri adalah dengan mudik ke kampung halaman.

Acara mudik ke kampung halaman ini, masyarakat memanfaatkan berbagai moda transportasi, salah satunya Kereta Api.

KAI Bandara pada masa Angkutan Lebaran 2024 siap mengakomodasi para pemudik yang akan pulang kampung dengan menyiapkan sebanyak 551.936 tempat duduk di seluruh rangkaian KAI Bandara.

KAI Bandara memastikan kesiapan dalam menghadapi Angkutan Lebaran mulai dari melaksanakan pemeriksaan sarana, prasarana, hingga pemeriksaan Standar Pelayanan Minimun (SPM).

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga telah melaksanakan Ramcheck atau Inspeksi Kelengkapan standar pelayanan minimum (SPM) menjelang angkutan lebaran tahun 2024.

Selain itu, KAI Bandara telah menyiapkan sarana yang handal dan cadangan sarana siap operasi dan juga berkoordinasi dengan Kereta Api Indonesia (KAI)untuk kondisi dari Prasarana dari Perkeretaapian.

Di Yogyakarta, KAI Bandara melayani perjalanan KA Bandara dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, Kulonprogo PP. Dengan jumlah perjalanan sebanyak 18 perjalanan KA Bandara YIA Xpress dan 24 perjalanan KA Bandara YIA ekonomi.

Jumlah tempat duduk yang disediakan KAI Bandara selama Angkutan Lebaran 2024 dari 31 Maret-21 April, KA Bandara YIA Xpress 79.200 bangku dan KA Bandara YIA ekonomi sebanyak 149.952 bangku. Dengan total 229.152 ketersediaan bangku yang bisa menampung masyarakat yang mudik dengan KA Bandara Yogyakarta.

Sedangkan KAI Bandara di Medan, yang melayani 24 perjalanan KA Bandara Kualanamu dan 20 perjalanan KA Srilelawangsa. Ketersediaan bangku di KAI Bandara Medan selama angkutan lebaran 2024 sebanyak 322.784 yang dapat menampung arus mudik menuju dan kembali ke Kota Medan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, ketersediaan kursi selama Angkutan Lebaran sebanyak 302.016 dari 12 April-5 May 2023. Peningkatan pada tahun ini terjadi akibat bertambahnya jumlah penumpang KA Srilelawangsa rute Medan -Binjai, Penambahan kapasitas penumpang KA Kualanamu, dan bertambahnya kapasitas KA Bandara YIA Xpress.

Pada masa Angkutan Lebaran 2024, KAI Bandara telah meningkatkan kapasitas untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim mudik Lebaran. Dengan menyediakan lebih dari setengah juta tempat duduk, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan mereka dengan ceria.

Sosiawan Surbakti, Corporate Communications Railink mengatakan, pihaknya menyambut musim Angkutan Lebaran 2024, dan KAI Bandara siap mengangkut penumpang serta berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman.

“KAI Bandara mengingatkan kepada penumpang kereta api bandara, yang hendak meneruskan perjalanan dengan moda pesawat udara, agar memilih keberangkatan KA dengan waktu yang cukup sebelum keberangkatan pesawat, yakni 2 jam sebelum keberangkatan domestik atau 3 jam sebelum keberangkatan internasional,” pungkasnya, Sabtu (30/3).

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi