KAI Divre I Sumut Apel Gelar Pasukan Sambut Posko Angkutan Lebaran 2024

KAI Divre I Sumut Apel Gelar Pasukan Sambut Posko Angkutan Lebaran 2024
KAI Divre I Sumut Apel Gelar Pasukan Sambut Posko Angkutan Lebaran 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Posko Angkutan Lebaran tahun 2024 / 1445 H di halaman Kantor Divre I Sumatera Utara, Medan, pada Jumat (5/4).

Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya posko Angkutan Lebaran 2024 guna melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api pada libur Idul Fitri 1445 H. KAI menetapkan Posko Angkutan Lebaran tahun ini selama 12 hari, mulai dari tanggal 5 s.d 16 April 2024.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Mohamad Arie Fathurrochman mengatakan seluruh insan KAI Divre I Sumut akan bersiap siaga melaksanakan posko Angkutan Lebaran 2024.

“Melalui posko ini, kami ingin memastikan kelancaran operasional KA dan pelayanan penumpang baik di stasiun, maupun di atas KA berjalan dengan selamat, aman, lancar dan terkendali,” ungkap Arie.

Lebih lanjut, Arie mengungkapkan, PT KAI Divre I Sumut telah melakukan segala upaya persiapan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan KA pada Angkutan Lebaran ini, diantaranya mencakup kesiapan SDM, sarana, prasarana, maupun hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Adapun kesiapan dari aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti Masinis, Asisten Masinis, PPKA dan petugas lainnya telah dilakukan sertifikasi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan untuk menjamin keselamatan perjalanan KA.

Sedangkan bagi para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, petugas loket dan customer service dipastikan akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

KAI Divre I Sumut terus konsisten memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran ini dimana masyarakat memanfaatkannya untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran ini, KAI Divre I Sumut menambah petugas ekstra, yakni sebanyak 39 PJL ekstra, 10 petugas penjaga daerah rawan dan 24 Petugas Pemeriksa Jalur ekstra. Selain itu, Divre I SU juga menyiapkan alat dan material untuk siaga (AMUS) berupa batu balast, bantalan, rel, pasir, dan lain sebagainya di 18 titik.

Adapun sebagai langkah pengamanan bagi para pengguna jasa kereta api, KAI Divre I Sumut menerjunkan 246 personel pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan, dengan rincian 80 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 114 tenaga Security, 7 personel Babin/Pabin dan 45 personel tambahan dari TNI/Polri. Ratusan petugas pengamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindak kejahatan.

“Kereta api sebagai moda transportasi publik berkomitmen menjadikan keselamatan sebagai fokus utama dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran. Dengan semangat melayani, kami akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan KA untuk mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna,” ungkap Arie.

Arie menegaskan, keselamatan dan keamanan kereta api menjadi prioritas utama. KAI Divre I Sumut terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan sebidang dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Selain itu, KAI Divre I Sumut bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga telah melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelayakan sarana lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api siap operasi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan penjualan tiket KA Angkutan Lebaran 2024 sampai dengan hari Jum'at (5/4/2024) telah terjual sebanyak 97.707 atau 45% dari tiket yang disediakan yakni 219.208 seat. Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yaitu pada H-2 dan H-1 Lebaran tanggal 8 dan 9 April 2024 dengan tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 60 %. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah seiring penjualan tiket KA masih berlangsung.

“KAI saat ini telah meningkatkan pelayanan guna memberikan kemudahan bagi para pelanggan dengan menyediakan berbagai promo-promo dalam menyambut Angkutan Lebaran. Kami berpesan kepada masyarakat khususnya para pengguna jasa angkutan KA yang telah merencanakan perjalanan mudik agar segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal kereta api," tutup Arie.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi