BBGP Sumut Laksanakan Koordinasi Teknis Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan-10

BBGP Sumut Laksanakan Koordinasi Teknis Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan-10
355 peserta dari 22 kabupaten/kota di Sumut mengikuti Koordinasi Teknis Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan-10 yang diadakan oleh Balai Besar Guru Penggerak Sumut. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumut melaksanakan kegiatan Koordinasi Teknis Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 di Hotel Grand Mercure Maha Cipta, Medan pada 29 April hingga 1 Mei lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 355 peserta yang terdiri dari unsur penanggung jawab program Guru Penggerak, Fasilitator Reguler/Rekognisi, Fasilitator Pemandu, dan Pengajar Praktik serta admin LMS.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BBGP Sumut, Dr. Joko Ahmad Julifan, M.Si.
Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa BBGP Sumut sebagai UPT di lingkungan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi hadir dan diberi amanah untuk melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan guru, pendidik lainnya, tenaga kependidikan, calon kepala sekolah, kepala sekolah, calon pengawas sekolah dan pengawas. Dimana tugas ini sesuai dengan Permendikbudristek No. 14/2022.

“BBGP Sumut telah melaksanakan program Kemendikbudristek. Diantaranya Program Guru Penggerak (PGP), Program Sekolah Penggerak (PSP), dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Dimana PGP merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar episode kelima untuk mewujudkan guru yang berdaya dan memberdayakan,” ujar Dr. Joko Ahmad Julifan, M.Si.

Dr. Joko Ahmad Julifan, M.Si menambahkan bahwa program PGP ini juga bertujuan memberikan bekal kepada guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menumbuh kembangkan potensi peserta didik. Serta aktif mengembangkan pendidik lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sumut yang diwakili oleh Kepala Bidang PTK, Drs. Yeddi Efendi Sipayung, MPd, Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Sumut yang diwakili oleh Ketua Ketua Tim Kerja Inovasi Pembelajaran dari (BPMP) Sumut, Drs. Sahdian, M.Si, Ketua Tim Kerja Tranformasi Kepemimpinan Sekolah dan Ketua Tim Kerja Tranformasi Sekolah BBGP Sumut, Yusminta Siregar, M.Psi dan Ibu Mefrida Harahap M.Pd.

Tak ketinggalan para narasumber profesional dari Direktorat Kepala Sekolah Pengawas Sekolah Tenaga Kependidikan (KSPSTK), Widyaswara BBGP Jawa Barat, Pengembang Teknologi Pendidikan BBGP Sumut, dan Widyaprada BPMP Sumut.

Dengan diselenggarakannya koordinasi teknis PGP angkatan 10 ini diharapkan adanya penyamaan persepsi semua aktor tentang pelaksanaan PGP angkatan 10 terkait dengan pengelolaan manajemen LMS, penilaian kinerja di LMS, penarikan nilai, media publikasi pelaksanaan lokakarya 7 dan panen hasil belajar serta hal teknis lainnya.

“Semoga pelaksanaan program guru penggerak di kabupaten/kota di Sumut dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat menciptakan pemimpin pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik dan aktif mengembangkan pendidik lainnya. Tergerak, bergerak, dan menggerakkan,” pungkas Dr. Joko Ahmad Julifan, M.Si selaku Kepala BBGP Sumut.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi