Tim Pengabdian FEB USU di SIB, Literasi Teknologi Keuangan Melalui Microsoft Excel

Tim Pengabdian FEB USU di SIB, Literasi Teknologi Keuangan Melalui Microsoft  Excel
Tim pengabdian berasal dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB diketuai Dr. Raina Linda Sari, SE., M.Si dan 3 dosen lainnya sebagai anggota saat menggelar pengabdian di SIB, belum lama ini. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim pengabdian dari Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU melaksanakan pengabdian dan bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) terkait meningkatkan soft skill peserta didik berupa kemampuan mengelola keuangan dan hard skill penggunaan perangkat lunak Microsoft Excel, belum lama ini.

Tim pengabdian berasal dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB diketuai Dr. Raina Linda Sari, SE., M.Si dan 3 dosen lainnya sebagai anggota antara lain Dr. Paidi Hidayat, SE., M.Si, Inggrita Gusti Sari Nasution, SE., M.Si, dan Yola Anggia, SE., M.Ec.

SIB merupakan sekolah luar negeri Indonesia yang memberikan layanan pendidikan untuk warga negera Indonesia yang berada di Thailand dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

"Meskipun berlokasi di Bangkok, kurikulum pembelajaran yang digunakan Kurikulum Merdeka. Fokus karakteristik Kurikulum Merdeka yaitu pembelajaran berbasis projek guna meningkatkan soft skill peserta didik berupa kemampuan mengelola keuangan dan hard skill berupa penggunaan perangkat lunak Microsoft Excel," ujar Dr Raina Linda Sari.

Namun dalam kenyataan yang terjadi ya belum adanya pembelajaran berfokus pada pengelolaan keuangan, baik secara kurikulum terstruktur maupun sosialisasi edukasi literasi keuangan kepada siswa/i SMP dan SMA di Sekolah Indonesia Bangkok.

Pembelajaran Microsoft Excel yang dipelajari masih berada di level dasar, sehingga penerapan fitur-fitur Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari masih perlu ditingkatkan.

Pengabdian internasional melibatkan dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan dan pihak sekolah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand sepakat untuk melakukan program “Pendidikan Literasi Keuangan Berbasis Microsoft Excel” agar dapat lebih meningkatkan kemampuan Microsoft Excel dan prioritas perencanaan keuangan anak Indonesia yang tinggal di Bangkok, Thailand.

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri siswa siswi jenjang SMP dan SMA SIB dengan metode pembelajaran yang digunakan dalam pelatihan project based learning dan diskusi interaktif.

Kegiatan diawali dengan siswa siswi mendapatkan pemahaman mengenai konsep prioritas pengelolaan keuangan, kemudian dilanjutkan dengan praktik Microsoft Excel secara langsung.

Selama pelatihan berlangsung, ungkapnya, siswa siswi diperbolehkan menanyakan fitur-fitur yang belum dipahami. Evaluasi akhir dilakukan melalui hasil akhir worksheet dan kegiatan tanya jawab.

"Hasil dari pelatihan ini yaitu siswa siswi memahami konsep prioritas pengelolaan keuangan secara teori, menerapkan fitur-fitur Microsoft Excel, dan integrasi antara pengelolaan keuangan dengan fitur Microsoft Excel," tukasnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi