Dolly Pasaribu ‘Upa-Upa’ Calhaj Setdakab Tapsel

Dolly Pasaribu ‘Upa-Upa’ Calhaj Setdakab Tapsel
Dolly Pasaribu ‘Upa-Upa’ Calhaj Setdakab Tapsel (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipirok - Bupati Dolly Pasaribu mengupa-upa (prosesi syukuran) para Calon Jemaah Haji (Calhaj) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) di rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda), Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu (8/5).

Pemberian indahan upa-upa tradisi Batak Angkola ini merupakan prosesi syukuran mengandung permintaan doa atau nasihat dengan harapan diberikan kesehatan dan keselamatan, perlindungan dan keberkahan.

Tradisi upa-upa ini tradisi lama yang terus menerus dilestarikan hingga saat ini di daerah tanah Angkola khususnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dolly Pasaribu dan istri mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calon jemaah haji Setdakab Tapsel antara lain, Sekda Tapsel Sofyan Adil bersama Ketua DWP, Kabag Tapem Yohanes bersama istri dan Kasubbag pada Bagian ULP Jonhar bersama istri.

Diharapkannya selama 40 hari melaksanakan ibadah haji, para jemaah dijauhkan dari segala larangan haji, dan semoga selalu diberi pertolongan dari Allah SWT.

"Kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT mempermudah, dan membuka jalan bagi seluruh jemaah haji Tapsel untuk melaksanakan rukun dan wajib haji, begitupun sunnah-sunnahnya," ucapnya.

Dolly juga mendoakan, agar selama pelaksanaan haji nantinya para jemaah asal Tapsel diberikan kesehatan, yang paling utama cocok dengan iklim cuaca, suasana dan makanan di tanah suci sehingga mendapatkan kekuatan saat melaksanakan ibadah haji.

"Jangan lupa melaksanakan kurban di Idul Adha mendatang," pesannya.

Penasihat DWP Tapsel, Rosalina Dolly Pasaribu, mendoakan para cara calon jemaah haji agar senantiasa diberikan kesehatan saat melaksanakan ibadah haji, dimulai dari persiapan sampai pelaksanaan hingga kembali ke tanah air.

"Insya Allah selalu diberi kesehatan, itu yang paling kita harapkan dari Bapak/Ibu semua yang akan berangkat nantinya," ujarnya.

Sekda Tapsel, Sofyan Adil, yang mewakili calon jemaah haji mengucapkan terima kasih terkhusus kepada Dolly Pasaribu yang telah memberi indahan (nasi) upa-upa.

"Mudah-mudahan nian rasoki natarpayakon ditarimo badan dohot tondi nami dohot manjadi pargogo di hami untuk malaksanahon ibadah haji," ucapnya dalam Bahasa Angkola.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi