HMJ IKO FISIP UMSU Penyuluhan Komunikasi Sosial di Desa Sempajaya, Asah Kemampuan Mahasiswa

HMJ IKO FISIP UMSU Penyuluhan Komunikasi Sosial di Desa Sempajaya, Asah Kemampuan Mahasiswa
HMJ IKO FISIP UMSU Penyuluhan Komunikasi Sosial di Desa Sempajaya, Asah Kemampuan Mahasiswa (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (HMJ IKO) FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar Penyuluhan Komunikasi Sosial (PEKOMSI) di Desa Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumut, pada Kamis-Minggu, 23-26 Mei 2024.

Kegiatan ini bertemakan "Pembentukan Karakter Melalui Vicational Education dalam meningkatkan WellBeing" bertujuan sebagai salah satu wadah bagi para generasi muda dalam memberikan dampak serta melalukan sosialisasi kepada masyarakat.

Program ini berguna sebagai media untuk menggali potensi diri, menumbuhkan semangat berkreativitas dan semangat belajar untuk terus mendalami potensi yang dimiliki, dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh puluhan warga desa, termasuk pimpinan Dekanat FISIP UMSU, Prodi IKO FISIP UMSU, Sekretaris Desa, perangkat desa, dan tokoh masyarakat.

Nadhilah Khairina, Ketua Panitia dalam kegiatan ini, mengatakan, program ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan HMJ IKO FISIP UMSU untuk pertama kalinya.

"Kegiatan ini merupakan program pertama bagi HMJ IKO, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan mengasah kemampuan mahasiswa IKO FISIP UMSU untuk ikut serta turun langsung dan berkomunikasi dengan masyarakat desa," sebutnya, Rabu (29/5).

Ketua HMJ IKO FISIP UMSU, Rizki Ramadan mengatakan, sebagai anak ilmu komunikasi harus bisa menjadi agent of change, serta memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat, dan berharap program-program yang ada di kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, serta memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Sempajaya.

"Anak ilmu komunikasi harus bisa beradaptasi serta memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat, dan semoga program ini dapat berjalan dengan lancar sampai dengan selesai," ujarnya.

Penyuluhan komunikasi sosial ini diisi dengan beberapa program, antara lain People Wealness, Green Eco-Village, Creativepreneur, dan Smart-Up.

Program ini berkolaborasi dengan PK IMM FK UMSU (People Wellness) yang dilaksanakan pada hari pertama, narasumber yang kompeten di bidang Creativepreneur. Ilmawaty Nasution, Founder dari TABO Ice Smoothies hari kedua, dan Smart-Up (Senyum Kecil) pada hari ketiga.

Kegiatan penyuluhan komunikasi sosial ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Sempajaya. Dengan memahami pentingnya kesehatan, kebersihan, pendidikan dan wirausaha, masyarakat desa diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kesadaran, sehingga tercipta masyarakat desa yang cerdas, sehat, dan kreatif dari desa lainnya.

Rizki juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, terutama kepada masyarakat Desa Sempajaya yang telah menyambut baik kegiatan ini.

Hariyanto Tarigan selaku Penanggung Jawab Desa Sempajaya, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada HMJ IKO FISIP UMSU yang telah hadir dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, dan untuk pertama kalinya membuat momen paling berkesan di Desa Sempajaya.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada HMJ IKO FISIP UMSU yang telah hadir dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat desa ini, dan memberikan kesan yang baik selama berkegiatan di sini," pungkasnya.

HMJ IKO FISIP UMSU tidak hanya fokus pada kegiatan penyuluhan, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan lain, seperti seminar, workshop, bakti sosial, dan penelitian. HMJ IKO FISIP UMSU berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

Rizki menambahkan, HMJ IKO FISIP UMSU akan terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. "Kami ingin menjadi organisasi mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat, dan turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi