Belum Dirasakan Peningkatan Signifikan, KNIA Terus Lakukan Evaluasi

Belum Dirasakan Peningkatan Signifikan, KNIA Terus Lakukan Evaluasi
Bandara Kualanamu (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Bandara Kualanamu di Kabupaten Deliserdang, sekaligus kebanggaan Sumatera Utara (Sumut) belum menunjukkan perkembangan signifikan, dan masib terus berproses untuk memberikan pelayanan terbaik.

Sejauh ini menjadi pertanyaan berbagai kalangan masyarakat, bahkan ada menyuarakan pengelolaan Bandara Kualanamu perlu melakukan evaluasi.

Apalagi, rute baru Batik Air KNO Chennai India tidak berlangsung lama sudah tutup. Kemudian terakhir maskapai Qatar Airways rute KNO-Doha Qatar juga tutup. Yang bertahan saat ini penerbangan nternasional masih rute lama, termasuk KNO-Malaysia, Singapura,Thailand Arab Saudi.

Humas PT AVI Bandara Kualanamu, Yuliana Balqis, yang dikonfirmasi terkait hal ini, termasuk beberapa rute internasional tutup, menjelaskan, untuk maskapai Qatar Airways tutup sementara dari Bandara Kualanamu dan akan buka kembali.

"Hanya tutup sementara, kembali dibuka waktu dan hari yang belum ditentukan," jelasnya, Rabu (12/6).

“Untuk penerbangan Batik Air ke Chennai India masih ada, tetapi via Kualalumpur," sebutnya.

Ia mengaku pihaknya akan terus berupaya untuk membuka rute-rute penerbangan internasional, dan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandara. Paling dekat nanti akan buka penerbangan baru dengan pesawat Saudi Airline yang juga ada penerbangan luar negeri.

“Pokoknya dalam waktu dekat akan ada penerbangan baru ke luar negeri, kapan dan waktunya belum bisa dipastikan," ujarnya.

Station Manager Lion Air Grup, Robby Handoko, mengaku sejauh ini rute KNO- Chennai India dari KNO dengan maskapai Batik Air tidak ada lagi, disebabkan tidak ada market.

"Tak ada market di KNO, maka kita buat via Kualalumpur, dengan rute naik pesawat ke Kualalumpur, baru naik ke Chennai," jelasnya.

Sebelumnya Bandara Kualanamu dikelola untuk dikembangkan menjadi hub penerbangan internasional, dengan peningkatan aktivitas penerbangan internasional.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi