Jalan Provinsi di Asahan Rusak Parah, Bakal Dilaporkan ke Kementerian PUPR

Jalan Provinsi di Asahan Rusak Parah, Bakal Dilaporkan ke Kementerian PUPR
Jalan Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Asahan menuju Kota Tanjungbalai rusak parah, Rabu (26/6). (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Aktivis pemerhati pembangunan, Sudirman Marpaung, berencana akan melaporkan kondisi ruas Jalan Provinsi Sumatera Utara yang ada di Kabupaten Asahan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kementerian PUPR).

"Dalam waktu dekat ini saya bersama rekan akan ke Jakarta, khususnya ke Kementerian untuk melaporkan sejumlah ruas Jalan Provinsi yang rusak parah di Kabupaten Asahan," kata Sudirman, Rabu (26/6).

Lebih lanjut Sudirman mengatakan, dasar penyampaian laporan ini ke Kementerian, menurutnya banyak ruas jalan rusak parah nyaris tak tertampung di anggaran APBD Asahan maupun APBD Provinsi.

"Kita sudah capek melaporkan, namun hingga sekarang belum ada tanggapan dari pemerintah daerah maupun Provinsi, maka dari itu saya bersama rekan berencana melaporkan jalan tersebut ke Kementerian yang menangani dalam hal ini Kementerian PUPR," kata Sudirman yang memiliki aksi menohok pada waktu mandi lumpur, menandakan protes jalan rusak, yang saat ini jalan tersebut sudah dibangun dengan menggunakan Dana Inpres Kementerian PUPR.

Tidak hanya itu, banyak kondisi jalan di Asahan yang rusak parah dan tergenang banjir, serta lambatnya perawatan rutin jalan dan jembatan dari Dinas Bina Marga Sumut.

"Kalau jalan rusak dapat berdampak pada keselamatan pengguna jalan, karena sebagian besi tikar cor beton di badan jalan sudah nampak kepermukaan di karenakan semen cor beton sudah menipis, begitu juga kondisi jembatan," ujarnya.

Dia berharap, pada P-APBD Provinsi Sumatera Utara tahun 2024 melalui dinas UPTD Bina Marga Tanjung Balai agar mengalokasikan dana APBD Sumut tahun 2024-2025 untuk perbaikan ruas Jalan Provinsi Simpang Butong Kecamatan Air Joman, Kecamatan Silo Laut menuju Desa Pematang Sei Baru Bata Kota Tanjungbalai di Kabupaten Asahan.

Begitu juga Jalan Kabupaten Asahan, ruas Jalan Desa Buntu Maraja menuju Desa Gunung Berkat Kecamatan Bandar Pulau Asahan sepanjang 12 Km, hingga sekarang bahkan puluhan tahun belum tersentuh Aspal.

Adapun ruas jalan yang rusak parah yang dapat mengancam keselamatan pengendara yakni ruas Jalan Provinsi Sionggang menuju Desa Huta Padang Kecamatan Bandar Pasir Mandoge batas Kabupaten Simalungun Aek Liman rusak.

"Jalan ini sangat diperlukan masyarakat maupun pengguna jalan, karena jalan tersebut adalah jalan penghubung antara Kabupaten Asahan dengan Simalungun," pungkasnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi