Hujan Berpotensi Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia, Termasuk Medan

Hujan Berpotensi Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia, Termasuk Medan
Arsip foto - Sejumlah warga berjalan saat hujan di Jakarta, Jumat (15/3/2024) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Analisadaily.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terdapat potensi hujan turun di sejumlah wilayah di tanah air, termasuk di beberapa kota besar pada hari kedua di bulan Juli 2024.

Dilansir dari Antara, Selasa (2/7), dalam peringatan dini cuaca di situs BMKG, memperlihatkan sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami hujan lebat.

Hujan lebat juga diprakirakan terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga memprediksi hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi dialami sejumlah lokasi di Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah serta Nusa Tenggara Barat.

Secara khusus, kota-kota besar di Indonesia yang diprediksi akan mengalami hujan hari ini dalam beragam rentang waktu termasuk Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado, Palembang dan Medan.

BMKG memprakirakan kondisi cerah atau berawan dapat dialami wilayah di Kota Banda Aceh, Serang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Pontianak, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Kupang, Jayapura, Manokwari dan Padang.

Untuk cuaca di wilayah Jakarta, hujan diprediksi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari dengan wilayah lain mengalami cuaca cerah berawan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi