Tim Pengabdian Kepada Masyarakat USU Berikan Penyuluhan ke SMP Taman Siswa Belawan

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat USU Berikan Penyuluhan ke SMP Taman Siswa Belawan
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat USU Berikan Penyuluhan ke SMP Taman Siswa Belawan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Belawan - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (PKM USU) memberikan edukasi mengenai pemeriksaan radiografi intra oral dan jaringan periodontal melalui penyuluhan dan pelatihan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak di Sekolah Menengah Pertama Taman Siswa Belawan, Kelurahan Belawan Bahagia, Kota Medan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan dua kunjungan, kunjungan pertama adalah promosi dan pelatihan yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2024, dan kunjungan kedua adalah evaluasi yang dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2024.

Dalam setiap kunjungan kegiatan tersebut dihadiri oleh, Ketua Tim PKM, drg. Cek Dara Manja,Sp.RKG, Subsp.RDP(K), bersama anggota drg. Rini Octavia Nasution,M.Kes.,, Sp.Perio., Subsp.RPID(K), drg. Dewi Kartika, MDSc, dan drg. Maria Novita Helen Sitanggang, MDSc dari Fakultasi Kedokteran Gigi (FKG) USU. Selain itu juga dibantu mahasiswa dari FKG USU, yaitu Ummu Mahfuzzah Nur Salam, Bagas Rahmat Al Fitrah, Ardea Dwi Salsabila Nasution, Jihan Nadhira, dan Fadhil Aswandi.

Turut hadir Ketua Yayasan Persatuan Taman Siswa, Drs. Sofian Siregar, Kepala Sekolah SMP Taman Siswa Belawan,Ahmad, S.Ag, S.Pd.I, beserta guru-guru dan staf pengajar di SMP Taman Siswa Belawan, Kelurahan Belawan Bahagia, Kota Medan.

Tema dari kegiatan PKM USU, yaitu ‘Peningkatan Kesehatan dan Pengetahuan Mengenai Pemeriksaan Radiografi Intra Oral dan Jaringan Periodontal Melalui Penyuluhan dan Pelatihan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak-Anak di Sekolah Menengah Pertama Taman Siswa Belawan’.

Dosen USU Penyuluhan ke SMP Taman Siswa Belawan.
Pada kunjungan pertama, yaitu tahap promosi dan pelatihanyang dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2024 Tim PKM USUtelah melakukan pemasangan wastafel, memberikan snack, souvenir berupa pasta gigi dan sikat gigi. Kegiatan yang dilakukan pada kunjungan pertama adalah melakukan penyuluhan, menjelaskan pentingnya pemeliharaan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut serta pengenalan terhadap pemeriksaan radiografi intra oral kedokteran gigi dan jaringan periodontal melalui media audiovisual berupa pemutaran video sesuai dengan bahasa dan gambar yang disenangi anak.

Video berdurasi sekitar 20 menit, berisi waktu menyikat gigiyang tepat, cara menyikat gigi yang tepat, penyakit gigi yang bisa terjadi apabila gigi tidak dipelihara dengan baik, serta cara pemeriksaan radiografi intra oral dan jaringan periodontal.

Kemudian, siswa-siswi SMP Taman Siswa Belawan praktik langsung cara menyikat gigi yang benar dan tepat di wastafel yang disediakan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang telah diberikan.

“Setelah kunjungan pertama, Tim kami melakukan kunjungan kedua, untuk evaluasi. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan memberikan siswa-siswi SMP Taman Siswa Belawan pertanyaan-pertanyaan bertema pemeliharaan kebersihan gigi, jenis-jenis radiografi intra oral kedokteran gigi dan jaringan periodontal. Apabila anak-anak dapat menjawab dengan benar, akan mendapatkan hadiah yang bermanfaat," kata drg. Cek Dara Manja.

Tim PKM USU pada kunjungan kedua ini juga membagikan snack, souvenir berupa sikat gigi dan pasta gigi, kuesioner kepada guru dan staf pengajar, serta siswa-siswi SMP Taman Siswa Belawan, serta memberikan poster, plakat, kepada mitra.

Kepala Sekolah SMP Taman Siswa Belawan, Ahmad, S.Ag, S.Pd.I, mengungkapkan siswa-siswi SMP Taman Siswa Belawan sangat antusias terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan berterima kasih atas pemberian wastafel dan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.

“Anak-anak sangat antusias dan bersemangat saat sesi tanya jawab dan selama kegiatan ini dilaksanakan. Kami juga berterimakasih kepada Tim PKM USU yang telahmemberikan wastafel dan melakukan kegiatan penyuluhan di SMP Taman Siswa Belawan. Kami berharap dengan diadakan kegiatan penyuluhan ini, dapat meningkatkan pengatahuan siswa-siswi dan dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka," imbuhnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi