Vendor Day 2024 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut: Komitmen Tegakkan Anti Fraud

Vendor Day 2024 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut: Komitmen Tegakkan Anti Fraud
Vendor Day Tahun 2024 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) terus membangun sinergi dengan para mitra kerja perusahaan penyedia barang dan jasa.

VP Procurement & Asset Management Pertamina Patra Niaga, Mastuti mengatakan, kali ini melalui kegiatan bertajuk “Vendor Day Tahun 2024”, ratusan vendor diundang hadir di Kota Medan, tepatnya di Grand City Hall Medan.

“Kita melaksanakan Vendor Day di Regional Sumbagut. Nah, di regional Sumbagut ini ada lima provinsi yang dicakup, atau yang dilayani. Dan hari ini adalah media komunikasi kami, Procurement kepada para mitra kerja di lingkungan Sumbagut,” kata Mastuti, Selasa (13/8).

Diterangkan, pada Vendor Day Tahun 2024 PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, ada beberapa agenda yang dibahas, khususnya di bidang Procurement dan anti fraud.

“Kita sudah menandatangani pernyataan anti fraud yang diwakili oleh vendor, dan seluruh vendor yang datang sudah menandatangani pakta integritas juga,” ujarnya.

Selain itu, juga ada talkshow anti fraud, serta pembahasan kebijakan-kebijakan di dalam proses pengadaan barang dan jasa, termasuk dengan digitalisasi di Procurement.

“Antara lain invoicing, kemudian proses Procurement itu sendiri, dan aturan-aturan lainnya yang ada di pedoman barang dan jasa terbaru di Pertamina Patra Niaga,” Mastuti menjelaskan.

Targetnya, lanjut Mastuti, nantinya pada saat proses pengadaan itu akan terbangun kompetisi sehat, dan meminimalisir proses gagal dalam proses pengadaan.

Disinggung soal pakta integritas, intinya tidak melaksanakan 3T, yaitu Tidak Suap, Tidak Gratifikasi, dan Tidak Fraud. Karena saat ini yang menjadi concern utama di manajemen atau direksi Pertamina Patra Niaga, juga Pertamina Persero umumnya adalah asset integrity dan high level di safety management.

“Baik di Pertamina itu sensiri maupun yang diharapkan dari seluruh vendor yang kerja sama dengan kita. Untuk hari ini, undangan ada 300 vendor, dan yang hadir offline ada 180 se-Sumbagut,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, harapannya terjalin engagement kepada pelaksanaan pekerjaan, yang diharapkan nantinya dalam pengadaan menghasilkan hasil proyek-proyek yang OTOBOSOR (on time, on budget, on schedule, on return) dan diharapkan dapat memberikan impact bisnis kepada Pertamina Patra Niaga.

“Ini agenda tahunan, diadakan setiap tahun Vendor Day, dan di seluruh wilayah Procurement region seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Vendor Day bertujuan untuk menyosialisasikan aturan baru dan update sistem pengadaan barang dan jasa, agar lagar lebih efektif dan efisien, serta menyamakan pemahaman antara vendor dan perusahaan.

Selain itu, sosialisasi update sistem pengadaan barang dan jasa, menampung aspirasi dari para vendor serta pelaporan kendala yang dihadapi vendor selama proses pengadaan barang dan jasa.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi