Ketua PP: H Budi H Dalimunthe Layak Ketua DPRD

Ketua PP: H Budi H Dalimunthe Layak Ketua DPRD
H Budi H Dalimunthe. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simalungun - Dengan besarnya Kabupaten Simalungun baik secara wilayah dan populasi, komposisi pimpinan Anggota DPRD Periode 2024-2029 pun diharapkan mewakili kalangan masyarakat di Simalungun Bawah (sebutan daerah Simalungun untuk dataran rendah). Tak sekadar perolehan suara terbanyak.

Hal itu disampaikan Ketua PP Kabupaten Simalungun El Kananda Shah , Jumat (30/8/2024) mengatakan bahwa gagalnya wacana pemekaran Simalungun setidaknya bisa diakali dengan adanya unsur pimpinan DPRD dari kalangan Simalungun bawah.

"Iya selama ini kan, unsur pimpinan DPRD Kabupaten Simalungun selalu dari atas (Sebutan untuk daerah-daerah di tataran tinggi). Kalau sekarang harusnya ada dari bawah," ujar El Kananda Shah

Menurutnya bahwa ada beberapa nama dari Simalungun bawah yang dianggap representatif, terutama adalah Budi Heryanto Dalimunthe dari Partai Golkar Kecamatan Ujung Padang, sangat layak dan pantas menjadi Ketua DPRD Simalungun periode 2024-2029, hal ini berdasarkan hasil perolehan suara pada Pileg tanggal 14 Pebruari 2024 lalu. Perolehan suara di 6 dapil di Simalungun terkhusus dari Partai Golkar, H Budi memperoleh suara 16.300 suara dan menjadi peraih suara terbanyak, baik di Partai Golkar maupun di semua calon pada Pileg 2024 yang lalu.

Berkat raihan suara H Budi yang signifikan, partai Golkar di dapil 4 meliputi Kecamatan Bandar, Bosar Maligas dan Ujung Padang, memperoleh 3 kursi. Sehingga dapat meyakinkan partai untuk menjadikannya menjadi Ketua DPRD Simalungun. Kalau dilihat dari pengalaman H Budi sebagai seorang pengusaha dan di organisasi kepemudaan, tentunya tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

" Haji Budi Heryanto Dalimunthe merupakan tokoh masyarakat Simalungun Bawah, selain sosok yang dikenal sudah berbuat banyak terhadap masyarakat, Budi Heryanto Dalimunthe juga merupakan peraih suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Dapil 4 Simalungun. Dengan perolehan suara kurang lebih mencapai 16.300 suara, dirinya sangat pantas menjadi Ketua DPRD Simalungun," ujar El Kananda Shah

"Pak Budi, salah satu tokoh di Simalungun bawah sebenarnya cukup representatif. Suaranya tertinggi, dan bahkan layak untuk di DPRD Provinsi Sumut juga," katanya.

Terkait adanya dorongan untuk duduk di kursi pimpinan dewan, Budi Heryanto Dalimunthe mengaku sudah beberapa kali mendapatkannya. Apalagi, Partai Golkar merupakan penguasa kursi terbanyak hasil Pemilu 2024.

"Iya memang, ada dorongan dari warga untuk duduk di kursi pimpinan dewan. Apalagi selama ini, jarang ada dari daerah bawah menjadi pimpinan. Iya mudah-mudahan bisa terwujud nanti ya," ujar Budi seraya memohon doa dari masyarakat.

(FHS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi