Gerakan Pertamina Energi Negeri Sambangi Deliserdang, Berikan Inspirasi Ratusan Siswa Sekolah

Gerakan Pertamina Energi Negeri Sambangi Deliserdang, Berikan Inspirasi Ratusan Siswa Sekolah
Gerakan Pertamina Energi Negeri Sambangi Deliserdang, Berikan Inspirasi Ratusan Siswa Sekolah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Sebagai wujud kepedulian pada dunia pendidikan sekaligus memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut menyelenggarakan Pertamina Energi Negeri (PEN) 7.0.

Pada kesempatan ini, para pekerja Pertamina berkesempatan menjadi pengajar di SDN 101900, SDN 101898, SDN 108384 di Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

"Kegiatan PEN 7.0 ini berfokus untuk memberikan edukasi dan motivasi untuk anak-anak khususnya SD di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Sumut. PEN 7.0 merupakan wujud nyata kepedulian Pertamina dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan," ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, Minggu (1/9).

Selain itu, lanjutnya, PEN merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara sukarela oleh perwira Pertamina sebagai bentuk pengabdian sosial kepada generasi muda.

Di Sumut, PEN 7.0 dilaksanakan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut di SDN 101900, SDN 101898 dan SDN 108384 di Lubukpakam, Deliserdang, Senin (26/8) lalu.

"Ada 42 pekerja Pertamina yang turun langsung untuk mengajar anak- anak di SDN tersebut. Kita juga mengenalkan berbagai profesi di Pertamina, beberapa produk Pertamina Group, proses penyaluran energi hingga pengenalan nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif)," kata Satria.

Koordinator PEN 7.0 Wilayah Medan, Abdul Wadudi mengatakan, perwira Pertamina berkontribusi langsung sebagai relawan dengan berbagai tugas, baik sebagai fasilitator, pengajar dan dokumentator yang berkolaborasi berbagi ilmu melalui beragam media. Ia berharap program ini terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak sekolah sehingga semakin banyak siswa yang dapat merasakan manfaatnya.

"Tahun ini PEN dilaksanakan di tiga sekolah, dengan jumlah siswa lebih kurang 430 anak. Kita memberikan inspirasi kepada anak-anak tersebut tentang cita-cita yang akan mereka raih di kemudian hari," ucap Abdul.

Adapun tema PEN 7.0 yakni Arutala yang dalam Bahasa Sansekerta yang memiliki arti “Cita-cita Tinggi nan Mulia”, agar para generasi muda ini mempunyai keberanian untuk menyematkan harapan dan cita-citanya setinggi mungkin. Sedangkan tagline kegiatan, “Kami Tahu, Kami Bisa! Berbagi Pengetahuan, Cerdaskan Anak Negeri”.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi